MEILINA ROZA, S.Pd.I Berdedikasi Tinggi Dalam Dunia Pendidikan

DSC 0002a

Wanita yang khas dengan pakaian muslimah yang syar’i ini, memiliki nama lengkap Meilina Roza. Lina sapaan akrabnya begitu mencintai dunia pendidikan. Terutama di bidang pendidikan keagamaan. Menurutnya tujuan pendidikan akan terwujud apabila pendidik mampu mengubah akhlak peserta didiknya. Maka pendidikan agama memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

Wanita berdarah Payakumbuh yang lahir di Tanjung Pati pada tanggal 13 Mei 1982 tersebut, memiliki dedikasi yang tinggi demi kemajuan pendidikan. “Seorang pendidik harus berdedikasi dalam melaksanakan tugasnya terhadap peserta didiknya. Sehingga para pendidik tidak hanya beranggapan bahwa mengajar dan mendidik adalah sebuah profesi saja, namun haruslah tertanam dalam jiwanya rasa pengorbanan dan kerelaan memberikan ilmu kepada peserta didik. Jika dedikasi ini sudah ada pada setiap pendidik, ilmu yang mereka berikan pun akan terasa manfaatnya. Peserta didik pun akan senang setiap menerima ilmu dari gurunya yang berdedikasil,” ujarnya meyakinkan.

Mengabdikan diri di sekolah yang telah membesarkan namanya yaitu MTs. DMP dan MA. KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang, Lina saat ini dipercaya menjadi kepala sekolah di MTs. DMP. Disamping itu wanita yang pernah meraih juara 1 lomba baca berita di radio L-Bahana FM ini tetap menjadi pengajar di sekolah yang ia pimpin. Kesibukannya sebagai kepala sekolah tidak menghalanginya berbagi ilmu yang ia miliki kepada peserta didiknya. Baginya sia-sia ilmunya jika tidak dibagikan kepada orang lain. Sesuai dengan mottonya “Bermanfaat Bagi Orang Lain”.

Menjadi seorang pengajar bukanlah hal baru baginya. Semenjak berstatus mahasiswa STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Diniyyah Puteri, beliau telah berpengalaman bekerja sebagai guru asrama, mengajar TK dan menjadi pengajar Al Quran. Setelah menyelesaikan S1, Lina pernah menjabat sebagai guru komputer dan humas di perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.

Jiwa kepemimpinan sudah tertanam dalam dirinya semenjak belajar dari organisasi yang pernah ia ikuti. Diantaranya sebagai anggota PKM, PMDS dan ketua SEMA STIT Perguruan Diniyyah Puteri. Berbekal pengalaman itu, Lina mampu menjalankan tugasnya sebagai kepala sekolah dengan baik.

“Selalu berusaha untuk lebih baik” Kata-kata itulah yang selalu dijadikan motivasi bagi ibu dari tiga orang anak ini dalam kehidupannya. Karena itulah dalam dunia pendidikan, wanita pencinta alam ini selalu menanamkan jiwa dedikasi dalam dirinya. Saat ini wanita dengan hoby traveling ini masih memiliki cita-cita dalam hidupnya yaitu menjadi seorang trainer. Lina ingin memotivasi para guru sebagai pendidik bagi generasi penerus bangsa, agar berdedikasi tinggi dalam pendidikan. Sehingga pendidik bisa mencetak generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia. (Jummiati Oktariana/Reporter Diniyyah News)