Yusmaneli, S. Ag. “Hidup Mulia dengan Islam”

15589846 309642262762518 6739903952611698280 n

“Hidup mulia dengan islam” adalah motto hidup seorang wanita soleha bernama lengkap Yusmaneli, S.Ag. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, sekarang menjabat sebagai kepala MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang.

Wanita yang biasa dipanggil bu Neli ini lahir pada tanggal 03 Oktober 1973 Padang Panjang. Ia berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Pada masa sekolah, bu Neli pernah mengenyam pendidikan di SD Swasta Jihad Padang Panjang, kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP di MTs DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang, dan tingkat SMA di MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang. Tidak hanya berhenti disitu, wanita lembut ini melanjutkan pendidikannya ke IAIN Imam Bonjol Padang dengan memasuki fakultas Tarbiyyah dan mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam.

Puteri dari bapak Mansyur dan ibu Gustimar ini memiliki cita-cita yang sangat mulia. Beliau ingin menjadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa (guru). Karena menurutnya guru adalah tempat belajar, baik guru yang bekerja disuatu lembaga ataupun tidak. Dia berpendapat bahwa dunia tidak akan menjadi apa-apa tanpa adanya seorang guru.

Selain menjadi kepala sekolah, ibu pendidik ini juga aktif di berbagai kegiatan, di antaranya sering mengikuti seminar-seminar, PPOT ke Jakarta pada tahun 2014, studi ilmiah ke Malaysia-Singapore pada tahun 2014, serta mendampingi santri homestay ke Jepang pada tahun 2014 dan 2015. Tidak hanya itu, bu Neli juga aktif dalam sebuah organisasi ikatan keluarga Diniyyah (IKD). Ia menjadi anggota sekaligus sekretaris.

Wanita yang menyukai buku Sirah Nabawiyah ini sangat mengidolakan sosok tauladan umat islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Hal itu bisa dilihat dari buku kesukaannya. Ia beralasan bahwa Allah SWT saja zat yang menciptakan dan pemilik bumi sampai langit beserta isinya, memberikan shalawat kepada Nabi dan menjadikannya manusia yang paling mulia diseluruh alam. Selain itu, ia juga menyukai buku Syarah Yatushalihin, Ensiklopedia Akhirat, dan Ensiklopedia Sains Islami.

Wanita ramah ini juga sangat ingin mengunjungi Mekah dan Madinah, yaitu tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW dan tempat itu adalah tempat yang dijaga oleh Allah SWT sampai akhir zaman. Ia juga memiliki impian terbesar, yaitu menjadi seorang hafizah, menghantarkan anak-anaknya agar menjadi anak yang soleh dan soleha, serta menghantarkan anak didiknya mencapai tujuan pendidikan Diniyyah Puteri Padang Panjang.(Bona Ligusti/Diniyyah News Reporter)