PRA UAS GUGUS MAWAR DI MI RAHMAH EL YUNUSIYYAH

20150406 102544

Senin, 06 April 2015. Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD se-Kota Padang Panjang, melaksanakan ujian PRA UAS untuk siswa SD/MI di gugus masing-masing. Ujian dilaksanakan dari Senin sampai Kamis, tanggal 06 sampai 09 April 2015. Ujian terdiri atas 8 mata pelajaran, setiap hari ada 2 mata pelajaran yang diuji. Gugus Mawar melaksanakan ujian di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang.

Gugus Mawar terdiri atas enam sekolah yaitu Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah, SD N 01 Pasar Usang, SD N 05 Pasar Usang, SD N 14 Bukit Surungan, SD N 16 Kampung Manggis dan SD Islam Jihad. Lokal ujian terdiri atas 9 lokal. 1 lokal terdapat 20 orang siswa yang digabung dari 6 sekolah tersebut. Pengawas dalam tiap lokal ada 2 orang guru yang berasal dari sekolah SD se-kota Padang Panjang. Ujian biasanya dilaksanakan di sekolah inti, karena siswa sekarang lebih banyak, maka pindah ke MI REY.

“Alhamdulillah, saya dapat menyelesaikan ujian dengan baik, walaupun awalnya saya merasa deg-degan takut tidak bisa menjawab soal ujian. Tapi, saya merasa senang dan semangat, karena sudah diberi kisi-kisi dan sudah dibahas bersama, dan kami sudah tahu bagaimana cara menjawabnya,ujar Kirana Intan Wulandari, salah seorang siswa dari Gugus Mawar.

Sebelum ujian dimulai, siswa dikumpulkan di lapangan untuk diberikan arahan tentang tata tertib dalam mengikuti ujian. Ujian berlangsung sangat baik dan tenang. Siswa tampak antusias dan semangat, tanpa ada rasa tersiksa karena mereka menganggap ujian ini sebuah tantangan, bukan hukuman yang perlu ditakuti.

“Alhamdulillah, siswa tampak senang dan bersemangat melaksanakan ujian, karena mereka merasa ujian ini adalah sebuah tantangan yang tidak perlu ditakuti, tetapi yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya. Jika siswa merasa ujian ini sebuah tantangan, mereka akan mengikuti ujian dengan santai dan tanpa rasa tertekan. Bagi kita, kalau siswa sudah santai dan senang dalam melaksanakan ujian, maka nilaipun akan mengikut,” ujar Marlena, M.Pd.I, kepala sekolah MI Rahmah El Yunusiyyah. (Neftin Srimayeni/Diniyyah News Reporter)