BELAJAR DENGAN SUASANA BERBEDA

20150430 140646

Metode belajar di luar kelas merupakan salah satu cara yang digunakan para guru dalam mengajar. Metode ini juga dilaksanakan di Perguruan Diniyyah Puteri Rahmah El Yunussiyah Padang Panjang. Kamis, 30 April 2015. Santri kelas VIII SMP Diniyyah Puteri REY belajar di Pendopo. Dimulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 08.15 WIB. Santri tersebut berjumlah 19 orang. Kegiatan tersebut dibimbing oleh guru bidang study Hadist. Materi yang dipelajari adalah penjelasan tentang hadist petunjuk kepada kebaikan.

Euis Masrurah, guru bidang study Hadist tersebut mengungkapkan bahwa, belajar di luar kelas cukup efektif. Santri lebih nyaman berada di luar dibandingkan saat belajar di kelas. Santri akan tertekan dan suntuk jika belajar secara formal di kelas. Sebelum memulai pelajaran para guru memang dianjurkan untuk melihat kondisi anak. Jika santri terlihat kurang nyaman di dalam kelas, maka para guru akan mengajak belajar di luar kelas. Sebelum belajar diadakan pembukaan, kemudian menampilkan yel-yel motivasi dari para santri. Hal itu dilakukan agar santri lebih semangat saat mengikuti materi yang akan disampaikan.

Menurutnya belajar di luar kelas cukup berhasil saat memberikan pemahaman kepada anak. Karena anak terlihat lebih santai dan leluasa. Sehingga mereka dapat berfikir dengan santai namun focus pada materi. Para santri begitu antusias mengikuti pelajaran tersebut. Kegiatan tersebut dapat menarik perhatian para santri saat belajar. Sehingga materi yang diberikan lebih udah dipahami, serta tidak membuat santri terpaksa menerima pelajaran yang diberikan.

“Saya dan teman-teman merasa cukup asyik belajar di luar kelas. Menurut saya guru bidang studynya sangat perhatian terhadap santrinya dan mengerti dengan kondisi kami. Selain itu belajar diluar kelas juga dapat menghindari kami dari rasa ngantuk dan bosan. Karena diluar udaranya lebih segar dan tersa lebih santai. Ilmu yang diberikan guru pun dapat diterima dengan senang hati tanpa ada tekanan. Saya berharap bisa belajar diluar kelas lagi, meskipun tidak setiap hari.” Ujar Viony Molanda Putri santri kelas VIII SMP Diniyyah Puteri REY asal solok.

Harapannya, para guru bisa memberikan materi belajar yang menarik dengan suasana yang menyenangkan. Semoga belajar diluar kelas ini menjadi salah satu metode yang dapat diandalkan oleh para pendidik. Sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat, serta meningkatkan kualitas pendidikan baik bagi pendidik maupun peserta didik.

(Jummiati Oktariana/ Reporter News)