Kita Butuh Pertolongan-Nya

kita butuh pertolongannya

Saudaraku, sebagai manusia biasa, kita diciptakan dengan segala keterbatasan fisik dan akal. Karena itu kita teramat butuh pertolongan Allah SWT.

Dalam Al Quran, Allah SWT telah memberitahukan caranya. “Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. (QS. Al Baqarah : 153)

Dari firman Allah SWT tersebut kita diberi dua buah kunci untuk minta tolong pada-Nya. Anehnya banyak diantara kita yang tak percaya dengan hal ini. Hingga banyak yang mencari pertolongan selain kepada-Nya.

Lalu sejauh mana sabar yang telah kita punya selama ini? Apakah kita masih mengeluh setiap kali mendapatkan kesulitan? Apakah kita masih mengatakan sabar itu ada batasnya?

Jika pertolongan Allah SWT tidak kunjung tiba, mungkin kita perlu memeriksa tingkat kesabaran kita. Sejauh mana kita tetap teguh dalam memegang kesabaran tersebut?

Begitu juga, jika pertolongan Allah SWT terasa jauh, tanyakan bagaimana dengan shalat kita? Apakah selama ini kita hanya melakukan shalat tanpa benar-benar mendirikannya dalam segenap kehidupan kita? Bisa saja kita selalu shalat, tapi perbuatan keji dan mungkar masih juga kita perbuat. Atau apakah shalat kita anggap sebagai pelengkap hidup semata?

Jadi, jangan dulu mengeluh karena pertolongan Allah SWT tidak juga menghampiri kita. Jangan buru-buru menyalahkan Allah SWT atas semua persoalan hidup kita. Apalagi sampai mengatakan Dia tak adil.

Sungguh. Dalam hal ini sabar dan shalat kita yang masih perlu diperbaiki. Ya, amat perlu kita perbaiki.