Ujian Keputrian

Ujian Keputrian

Kep4

Salah satu syarat kelulusan untuk santri MTsS DMP Diniyyah Puteri adalah harus lulus dalam ujian keputrian. Ujian keputrian merupakan ujian tentang kegiatan keputrian sebagai persiapan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Ada enam item yang diujiankan yaitu menata ruang, menata meja makan, menyapu dan mengepel, memasak, membersihkan kaca, serta menanam tanaman.

Kegiatan ini diadakan di lingkungan sekolah Diniyyah Puteri mulai tanggal 6-8 Januari 2020. Diikuti oleh seluruh santri kelas IX MTsS DMP dan SMP Diniyyah Puteri. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para santri tahu bagaimana cara menjalankan perannya sebagai seorang putri yang sebenarnya atau bagaimana pekerjaan ibu rumah tangga.

Kep5Kep3Kep2

Kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini juga memakai satu guru pendamping untuk satu item ujian. Guru pendamping tersebut mengajarkan kepada santri bagaimana mengerjakan pekerjaan tersebut. Setelah itu, santri akan mengerjakan pekerjaannya dengan sendirinya. Guru pendamping akan menilai setiap apapun yang dilakukan santri pada saat ujian sedang berlangsung.

Selain ujian keputrian di sekolah, juga diadakan di lingkungan asrama Diniyyah Puteri. Ujian di asrama ini ada tiga item yang diujiankan yaitu mencuci pakaian, merapikan lemari, serta menyusun sepatu dan sandal diraknya. Kegiatan ini dikoordinatori oleh wakil kepala asrama yang mana blangko penilaiannya diberikan oleh pihak sekolah. Setelah penilaian dilakukan, koordinator ujian ini akan melaporkan hasilnya ke pihak sekolah.

“Saya berharap santri yang mengikuti ujian ini memang tahu fungsinya itu seperti apa dan juga agar santri bisa meresapi dan memahami maksud dan tujuan dari ujian yang diadakan ini. Lalu agar mereka dapat mengaplikasikan ujian yang telah diikutinya dikehidupan sehari-hari sebagai persiapannya sebagai seorang ibu nantinya,” ucap Febrianti Dania, S.Pd.I, Wakil Kesiswaan MTsS DMP Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah.(Cici Paramida/Diniyyah News)

You are here: Home News and Events Ujian Keputrian