Seminar Rahasia Haji Muda, “Canangkan Ibadah Haji Sejak Muda”

398416446_6427652367343420_815380935303sd0155988_n.jpg

         Ratusan santri di Kota Padang Panjang mengikuti seminar Rahasia Haji Muda, Jum’at (03/11/2023) di Aula Zainudin Labay El Yunusy. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Perguruan Diniyyah Puteri dalam rangka Milad 1 abad perguruan tertua khusus puteri tersebut.

      Fauzi Fauzan, Lc. S.Fils.I, Kepala SDM Diniyyah Puteri menjelaskan kampanye  Haji Muda yang dilakukan oleh BPKH ini sangat baik untuk dilakukan mengingat Allah sendiri sangat menyukai anak muda yang senang beribadah. Seruan ini juga dirasa tepat mengingat masa tunggu haji di Indonesia yang begitu lama mencapai puluhan tahun karena kuota haji yang terbatas untuk Indonesia.

    Narasumber di kegiatan ini adalah Harry Alexander, Anggota Badan Pelaksana BPKH dan Drs.H. Ramza Husmen, M.Pd, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Sumatera Barat.

     Harry Alexander menjelaskan tentang keuangan haji yang dikelola oleh BPKH.  “Pengelolaan keuangan haji yang kita laksanakan ini telah membawa dampak yang begitu positif pada masyarakat Indonesia. Kami mengingat bagaimana uang jemaah haji mampu mengakuisisi kepemilikan Bank Muamalat yang sebelumnya sempat dimiliki asing serta mampu menjadi lembaga keuangan ketiga terbesar di Indonesia,” ujarnya.

     Ia juga menjelaskan bahwa pengelolaan haji yang dilakukan oleh BPKH sangat menjamin keamanan keuangan nasabah. Terlebih lagi seluruh keuntungan dari pengelolaan keuangan haji dapat dikembalikan kepada umat. “Keuntungan dari pengelolaan kita ini dikembalikan kepada umat. Contohnya saja pembangunan gedung kampus-kampus Islam serta pembangunan gedung-gedung pesantren,” ucapnya.

    Sementara itu, Ramza Husmen menegaskan pentingnya perencanaan haji sejak muda. Ia sangat mendukung gerakan haji muda yang dikampanyekan. “Gerakan Haji muda ini  sangat penting mengingat sebagian usia jamaah haji Indonesia yang berangkat masuk pada kategori lansia.”

     Beliau juga mendorong para generasi muda terutama para santri untuk segera membuka tabungan haji agar mampu menunaikan ibadah haji di usia muda mengingat masa tunggu haji yang cukup lama.

    Pada kegiatan ini para peserta juga antusias bertanya kepada para pemateri mengenai pengelolaan keuangan haji serta tips dan trik untuk haji di usia muda. Para peserta yang bertanya juga diberi doorprize berupa buku tentang perjalanan haji yang ditulis sendiri oleh Pimpinan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan El Muhammady, SE.,Akt,M.Si.

     Acara ini dilanjutkan dengan sosialisasi pembukaan tabungan haji muda oleh Bank Muamalat. Mereka menjelaskan cara serta keuntungan membuka tabungan haji di Bank Muamalat yang merupakan salah satu bank syariah di Indoesia. Para peserta kegiatan sosialisasi tabungan haji muda ini juga antusias untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh perwakilan Bank Muamalat. Peserta yang mampu menjawab setiap pertanyaan juga diganjar doorprize berupa pembukaan tabungan haji dari Bank Muamalat. (Tasya Sabila/Diniyyah News Reporter)

      

     

   

You are here: Home News and Events Seminar Rahasia Haji Muda, “Canangkan Ibadah Haji Sejak Muda”