Diniyyah Training Centre : Dari Padang Panjang menjadi Duta Indonesia di Mancanegara

            Tidak pernah dibayangkan jika , Diniyyah Training Centre (DTC) sebuah lembaga Training milik Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang mengalami kemajuan tahun demi tahun. Didirikan pada tanggal 29 desember 2004 silam, yang semula hanya untuk melayani kebutuhan training internal santri dan karyawan, tahu-tahu dalam perjalanannya melakukan ekspansi ke luar institusi untuk berbagi motivasi dan pengalaman.

            Diarsiteki oleh Fauziah Fauzan, SE, AKt, Muhammady, DTC bersentuhan dengan banyak Korporasi (perusahaan) level lokal hingga internasional. DTC, juga telah melayani dan bekerja sama dengan ratusan kampus, lembaga pendidikan, sekolah tinggi ilmu kesehatan, Sekolah Tinggi Agama dan lainnya.

DTC, mengokohkan keberadaannya sebagai lembaga training yang fokus berdiri di dua segmen, yakni segmen pendidikan dan segmen perusahaan. Tidak sekedar kata-kata, DTC adalah pelaku atau praktisi yang mengaplikasikan manajemen perusahaan di internalnya dan juga praktisi pendidikan yang menjadikan Diniyyah Puteri sebagai model perubahan yang telah dilakukan.

Berbeda dengan kebanyakan lembaga training, tidak memiliki lahan eksperimen dari ilmu yang dimilikinya  untuk sebuah sampel perubahan sebelum perubahan itu ditransfer kepada pelanggan, mengingat zaman sekarang, pelanggan sangat kritis dalam menilai dan mengamati lembaga yang akan mentrainingnya.

Sementara DTC, menjadikan Diniyyah Puteri sebagai laboratorium perubahan untuk mengaplikasikan ilmunya dalam hal motivation, managemen leadership, marketing, education dan spiritual , sebelum dibagi kepada pelanggan. Ini sebagai jawaban DTC atas pertanyaan klien yang butuh fakta daripada sekedar kata-kata.

            Setelah sukses bermitra dengan PT Semen Padang dan Secata B, dalam Management Outbound Training untuk tiga angkatan calon karyawan baru PT Semen Padang pada oktober 2008, Oktober ( sebanyak 169 peserta) dan desember 2013 ( sebanyak 164 orang ) lalu, DTC merambah Asia dan Eropa.

Rencananya April 2014 nanti, DTC akan menggelar training Merancang Karir ( Career Design), sebuah training yang bakal diikuti sejumlah karyawan dari berbagai perusahaan di kota Kyoto, Osaka dan Nara. MY Bid Dream di Negara matahari terbit . Training diluar negeri ini bukanlah yang pertama kalinya. Tercatat, berbagai training diluar negeri telah dirambah DTC, antara lain: Training Membangun Ethos Kerja dan Parenting Skill di Sydney Australia, MY Big Dream di Negeri Sembilan Malaysia, Mengasuh dengan Bahasa Cinta di Amsterdam dan Denhaaq -Neheterland, dan Leadership di Hamburg University Germany.

            Telah memasuki usia 9 tahun sejak berdiri, DTC memiliki paket training untuk Korporasi (perusahaan), antara lain memiliki Performance in Career ( Kemampuan lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaan ), training ini meliputi: Leadership (kepemimpinan), Works Ethos(Etos Kerja), Get Your Power(membangun kekuatan diri). Untuk Segmen Guru dan Orang tua, antara lain : Training Parenting: “Mengasuh Dengan Bahasa Cinta”, How to Deal with Teenagers ( Menaklukan Remaja dengan Damai), Personal Healing(Menjadi Pribadi kuat dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah), “A Great Teacher I A Great Coach “ ( Seorang guru yang hebat adalah seorang pelatih yang luar biasa), Contextual Teaching ( Menghantarkan mata pelajaran dalam bentuk integrated curriculum, yang diperlukan dalam Aplikasi kurikulum 2013), dan Application of 18 Character (Aplikasi penerapan 18 karakter).

Sementara untuk Siswa, meliputi training: My Big Dream( Memberikan bimbingan masa depan untuk siswa dan mahasiswa), Smart learning (Bimbingan potensi diri dalam belajar dengan cara menyenangkan sekaligus menguasai mata pelajaran/kuliah), Career Design ( bimbingan perancangan karir bagi para mahasiswa di semester akhir), Public Speaking (Memberikan keterampilan berbicara di depan umum), dan Leadership ( Bimbingan kepada siswa dan mahasiswa dalam hal kepemimpinan).

            DTC juga memiliki paket Management Outbound Training dengan sarananya yang lengkap, mulai paket Training War Game-Air Soft Gun (Aplikasi marketing untuk perusahaan ), Flying Fox, Rock n roll, Smart Cano, Two Line Brigde, dan lain-lain. DTC mengukuhkan dirinya sebagai lembaga training pertama yang memiliki peralatan airsoft gun terlengkap di Sumatera Barat yang perdana diluncurkan 2007 silam hingga sekarang.

            Untuk keberhasilan training, DTC bermitra dengan Diniyyah Research Centre (DRC) dalam menerbitkan buku referensi training. Tercatat, 5 buku penunjang training telah diterbitkan, antara lain, buku Mengasuh dengan Bahasa Cinta, (karya Fauziah Fauzan, Se, AKt M.Si dengan Eva Delva, M. Mpd), sementara Buku, Panduan Praktis Penerapan 18 karakter siswa, Contextual Teaching, A Great teacher A Great Coach, dan My Big Dream adalah buah pena Fauziah Fauzan sendiri

Beberapa klien yang telah bekerja sama dengan DTC adalah: PT. Semen Padang, PT, Askes Padang, PT Shafira Jakarta, PT. RAPP ( Riau Andalan Pulp and Paper) sebnayak 3 angkatan selama 3 tahun belakang, PT . Indosat, PT. Bakrie Plantation, Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman, BAPPEDA Kota Padang Panjang, Bank Syariah Mandiri , IAIN Imam Bonjol Padang, STAIn Batu Sangkar, STAIN Bukittinggi, Yarsi Sumbar, STikes Prima Nusantara, Yarsi, dan Nan Tongga Lubuk Alung. SMan 1 Sumbar, SMAN 1 Padang Panjang, MAN 2 Batu Sangkar, SMPN 1 Padang dan lain-lain.

Dengan manajemen baru dan tim baru, DTC kembali memperkuat posisi sebagai lembaga Training yang senantiasa komit membangun kesuksesan bersama pelanggan. Untuk itu DTC, telah merekrut tim baru yang lebih komitmen, energik, independen, dan professional dalam melayani pelanggan. Para trainer DTC itu sendiri , terdiri dari, Fauziah Fauzan, SE, AKt, Msi ( Peraih top 50 Leader of Year 2013 kategori top leading education Award Winner), Eva Delva, M. MP.d, Laili Rahmadani, MA, Fauzi Fauzan LC, S.Fil, Yendri Junaidi, LC, MA. Taufik Rahman, M.A, Zulfikri, STHi, M.Hum, Juliwis Kardi, MA. dan Syarifatul Hayati,Lc, MA Dalam bulan –bulan kedepan   berbagai permintaan training sudah masuk ke dalam daftar DTC.

Sebagaimana mottonya terbaru: “ Train your self, your family, your team, your company, your children, your students for a better life, for a better Indonesia (cerahkan diri anda, keluarga anda, tim anda, perusahaan anda, putera-puteri anda, siswa anda untuk hidup anda, dan untuk Indonesia lebih baik.

Sekali lagi, DTC, lembaga training professional yang berdiri independen diatas kepentingan semua golongan dan partai demi kemajuan bangsa dan Negara Indonesia.Untuk konfirmasi lebih lanjut, klien dapat menghubungi Direktur Operasional DTC, Ahmad Rifai di line 081267671308 yang khusus menangani klien eksternal.

Leadership Camp untuk santri kelas VIII MTS DMP dan SMP Diniyyah Puteri Perguruan Diniyyah Puteri melalui Divisi Diniyyah Training Centre (DTC) menggelar training

Leadership Camp (TLC) untuk alumni Training Super Santri Camp, (SSC) selama tiga hari di Aula Diniyyah Puteri Padang Panjang, Senin-Rabu( 17-19 /2) minggu kemarin.

Peserta yang terdiri dari 115 santri kelas VIII MTS. DMP dan SMP Diniyyah Puteri, dalam perjalanannya, peserta yang berhasil sampai ke final training, tidak lebih dari 15 orang. Training ini menerapkan sistem eliminasi dalam hal kedisiplinan untuk para Santri mulai hari kedua dan ketiga. Selama cara, Peserta dilarang berbicara sepatah katapun, pakaian harus selalu bersih dan standar. Tidak ada luang sama sekali, sebagaimana tujuan training ini untuk membentuk karakter pemimpin pada diri Santri.

Training ini mendudukan pemahaman bahwa menjadi leader itu penuh tantangan yang harus dilewatinya dengan kesabaran. Sebelum mereka menjadi pemimpin, nilai positif dan kepribadian yang harus diterapkan peserta antara lain;keimanan, integritas, nilai dan etika. Disamping itu harus juga memiliki keterampilan emosi, keterampilan komunikasi dan menjadi pribadi berpengaruh.Itu semua ada pada buku modul Level -1 For Teenagers: A Good Leader karya Fauziah Fauzan SE, AKt, MSi yang juga bertindak sebagai Trainer utama selama kegiatan berlangsung.

Peserta juga diajak berkunjung ke Kantor DPRD dan Kantor Walikota Padang Panjang. Di Ruang Sidang DPRD, santri disambut oleh unsur Pimpinan DPRD, yang juga wakil ketua DPRD, yakni Ibu Eti Ghani dari Fraksi Demokrat. Sementara di Kantor Walikota, Santri diterima oleh Wakil Walikota Padang Panjang, dr.Mawardi, Kepala Kementrian Agama Kota Padang Panjang, Drs.Japeri, MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, Drs, Syahrizal, MPd.

Hari kedua kegiatan khusus peserta yang berhasil mempertahankan sikap dan kedisiplinan tersisa hanya sebanyak 15 orang dari 115 orang Peserta karena banyak yang gugur. Sebaliknya bagi Peserta yang berhasil melewati semua rintangan dan tantangan, sengaja dibawa ke Rumah Budaya Fadli Zon dan Rumah Puisi Taufiq Ismail, untuk melihat dan mengamati model tokoh-tokoh pahalwan bangsa yang terpajang di Rumah Budaya tersebut. Sementara di Rumah Puisi, mengamati dan menyaksikan perpustakaan Taufiq Ismail.  

Untuk penilaian dilakukan selama acara, di asrama dan selama kegiatan. Di akhir acara, peserta diwisuda oleh Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri dan disaksikan oleh Peserta yang belum berhasil diwisuda. Bagi 90 peserta, akan dicamp ulang pada bulan Mei mendatang.(narasumber : Direktur Operasional Diniyyah Training Centre , Ahmad Rifa’i)

DTC ADAKAN TRAINING PERSONAL HEALING FOR KARYAWAN

20140112 093210

Perguruan Diniyyah Puteri terus memperbaiki kualitas karyawannya. Diantarnya membekali karyawan dengan training yang sering diadakan oleh Perguruan. Kali ini training yang digagas oleh Diniyyah Training Centre diadakan dengan tema Personal Healing, training ini bertujuan mengenai bagaimana cara berdamai dengan masa lalu, mudah menemukan kebahagiaan, membantu diri dalam menemukan solusi dari masalah dan juga menjadi orang tua yang tangguh. Diadakan tanggal 12-14 Januari 2013, bertempat diruang Hijau Perguruan Diniyyah Puteri. Selain mendapat materi training, karyawan juga mendapatkan fasilitas lainnya seperti sertifikat, makan siang dan snack. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari berjalan dengan antusias dan lancar.

Kegiatan disajikan oleh trainer senior, Eva Delva, M.M.Pd.Pemateri adalah seorang alumni DMP dan KMI Diniyyah Puteri, sekarang beliau aktif dalam kegiatan training parenting, motivasi dan lainnya. Selain itu ia juga aktif sebagai seorang penulis buku bersama Ibu Fauziah Fauzan.

Semoga dengan adanya training ini, karyawan Diniyyah Puteri bisa bekerja menjadi lebih baik kedepannya.(Patra Hayati/Reporter Diniyyah News)

Training Sukses Ujian Nasional di MAN 2 Batu Sangkar

“Siapapun boleh mengatakan apa saja tentangmu hari ini kalau itu faktanya benar. Tetapi ingat, mereka akan merubah pandangannya terhadap dirimu pada saat mereka melihat kesuksesanmu dimasa depan. Yakinlah ! “ Ungkap Fauziah Fauzan SE, AKt, mengawali training Sukses Ujian Nasional 2014 di MAN 2 Batu Sangkar, sabtu, (22/2) kemarin.

Dihadapan 300 peserta yang terdiri dari 3 sekolah, Direktur Utama Diniyyah Training Centre ini membakar semangat peserta dengan kata-kata motivasi. Tidak hanya itu, kampus-kampus pilihan baik dalam dan luar negeri juga diperlihatkan kepada peserta dengan segenap persyaratan yang akan ditempuh kesana. Tidak cukup, profesi pekerjaan dimasa depan dipresentasikan ke peserta agar peserta mempersiapkan diri untuk melangkah ke sana.

            Training Sukses UN ini direspon luar biasa oleh peserta, mengingat, Peserta sangat antusias dan puas ketika materi Sukses Ujian Nasional dan merancang masa depan, dibawakan langsung oleh Trainer Level Nasional ini.

            Kepala Sekolah MAN 2 Batu Sangkar, Drs Juliasman, MA, bersama Kepala Sekolah MAS Belimbing dan MAS Salimpaung, mengaku puas dengan hadirnya Pimpinan Diniyyah Puteri ini ditengah para siswanya. “ Kami mengucapkan terima kasih kepada Diniyyah Training Centre atas partisipasi lembaga training professional itu di sekolah kami.” Ungkapnya menutup acara.

Setiap tahun, Diniyyah Training Centre (DTC), selalu diundang oleh banyak Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Sumatera Barat, untuk berbagai motivasi plus membantu siswa kelas XII yang akan menempuh Ujian Nasional April nanti. Agenda yang sama , DTC juga akan mengisi training di Sijunjung, dan beberapa sekolah lainnya di Sumatera Barat.

DTC Kembali Latih SMP 1 Padang

 

DSC 0045

Diniyyah Training Centre(DTC) kembali memberikan pelatihan kepada siswa SMP 1 Padang pada tanggal 2-3 Desember 2013. Training kali ini adalah tentang Leadership. Sebelumnya sekolah favorit tersebut juga pernah menjadi peserta training DTC (khusus siswa akselerasi). Kali ini yang menjadi peserta adalah Calon Anggota Osis SMP 1 Padang. Tentu tujuannya adalah untuk membekali siswa khususnya dalam hal kepemimpinan dan bagaimana cara berorganisasi yang baik di sekolah. Hadir sebagai pemateri yaitu Direktur DTC sekaligus Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri , Fauziah Fauzan,SE,Akt,Msi. Beliau menyampaikan tentang seperti apa pemimpin yang sesungguhnya dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang sukses. Acara sendiri diadakan di ruang hijau kampus STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah).Turut hadir beberapa orang guru dari sekolah tersebut yang langsung mendampingi siswanya selama pelatihan berlangsung.

DSC 0045-tile

Acara terakhir diisi dengan Oubound Training yang diadakan di INS Kayu Tanam. Berbagai permainan menarik diberikan kepada para peserta seperti flying fox, rock n roll, landing net, transfer tepung, tabung bocor, smart cano, human leader,dan perang badar.                                                                                                                                               DTC sendiri telah berpengalaman melatih banyak instansi baik negeri maupun swasta di tanah air bahkan hingga ke luar negeri. Kliennya mulai dari sekolah, perusahaan, lembaga keuangan, dan lain sebagainya. Fzl/Reporter Diniyyah News