Dikunjungi Ulama Mesir, Perguruan Diniyyah Puteri Bakal Jadi Cabang Universitas Al-Azhar di Indonesia

Dikunjungi_Ulama_Mesir_1.png

Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang mendapat kunjungan dari perwakilan delegasi ulama Universitas Al-Azhar Mesir untuk Indonesia di Kota Padang Panjang, Kamis (15/9/2022).

Kunjungan itu menindaklanjuti kerja sama antara Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dengan Universitas Al-Azhar Mesir.

Kunjungan ke Diniyyah Puteri dilakukan langsung oleh Atase Pendidikan Kedutaan Mesir di Jakarta, Dr. Muhammad Sa'ad dan Kepala Delegasi Ulama Al-Azhar untuk Indonesia, Dr. Fathallah Muhammad Fathallah.

Dikunjungi_Ulama_Mesir_3.png

Pertemuan berlangsung di Aula Zainudiin Labay El Yunusy. Hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan El Muhammady, SE. Akt, M.Si, Kepala Departemen Pendidikan, Dr. Laili Ramadani, guru, karyawan, mahasiswi, dan seluruh santri Diniyyah Puteri.

Kepala Departemen Luar Negeri Perguruan Diniyyah Puteri, Yendri Junaidi, Lc, MA dalam pertemuan menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Perguruan Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar.

"Dengan adanya kerjasama ini diharapkan Diniyyah Puteri bisa menjadi cabang Al-Azhar di Indonesia serta dilakukan penyetaraan ijazah santri Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar. Kerjasama ini diharapkan memudahkan santri yang ingin melanjutkan sekolah ke Al-Azhar," katanya.

Sementara itu, Atase Pendidikan Kedutaan Mesir di Jakarta Dr. Muhammad Sa'ad mengaku merasa senang dengan kunjungannya. Ia juga terkesan dengan pembelajaran Diniyyah Puteri yang sudah difasilitasi media modern.

“Kami siap memfasilitasi dan membantu Diniyyah Puteri untuk melakukan kegiatan bersama seperti dauroh bahasa Arab bersama di Mesir,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Delegasi Ulama Mesir untuk Indonesia Dr. Fathallah Muhammad Fathallah dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh santri harus berterima kasih serta senantiasa mendoakan pendiri Perguruan Diniyyah Puteri.

"Hal itu karena atas jasa Diniyyah Puteri membuat perempuan dapat merasakan pendidikan," katanya.

Dalam pertemuan itu juga menjelaskan pentingnya wanita berpendidikan dalam Islam disertai dengan keutamaan-keutamaan wanita lainnya.

Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan El Muhammady dalam kerjasama ini turut menyampaikan harapannya. Dia ingin ada pengajar langsung dari Universitas Al-Azhar.

Dikunjungi_Ulama_Mesir_2.png

"Kita berharap pembelajaran agama seperti fikih, tafsir dan pembelajaran agama lainnya di Diniyyah Puteri dapat diajarkan langsung oleh para Ulama Al-Azhar," katanya.

Kerjasama ini menurutnya sebagai bentuk penguatan hubungan antara Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar, mengingat Bunda Rahmah adalah inspirasi pendirian kampus Al-Azhar khusus perempuan.

Diketahui, dalam pertemuan ini juga diisi dengan kegiatan pidato Bahasa Arab dari santri Diniyyah Puteri, Viola Destriyani, diskusi bersama Dr. Fathallah Muhammad Fathallah, dan ditutup dengan penandatanganan MoU serta penyerahan cendramata dari Pimpinan Diniyyah Puteri kepada Dr. Muhammad Sa'ad dan Dr. Fathallah Muhammad Fathallah. (Tasya Sabila/Diniyyah News)

 

You are here: Home News and Events Dikunjungi Ulama Mesir, Perguruan Diniyyah Puteri Bakal Jadi Cabang Universitas Al-Azhar di Indonesia