Tahukah betapa pentingnya pohon bagi kehidupan kita? Mungkin semua orang sudah mengetahuinya, namun, pemahaman masyarakat masih kurang mengenai pentingnya kelestarian alam. Masih banyak di luar sana yang menebang pohon, tanpa mengingat penerus berikutnya.

            Pepohanan yang rimbun dipangkas, bahkan, pohon yang masih muda pun ditumpas tanpa ada rasa bersalah sedikit pun. Padahal pentingnya pohon bagi dunia ini sangatlah banyak. Bukan saja sebagai tempat untuk berteduh, namun sebagai sarana penyerapan air jika terjadi banjir, dan penetralisir udara kotor yang dihasilkan dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan. Tanpa pepohonan, akan membuat kita susah untuk mendapatkan udara bersih, terutama yang tinggal di daerah perkotaan.

            Akibat pembukaan lahan baru menjadi lahan pertanian dan ditanami berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan rupiah, pohon pun di tebang, dan dibakar dengan bangganya tanpa berpikir panjang. Akibat dari itu semua, tunas-tunas muda pun ikut musnah tanpa jejak. Mengapa mereka sungguh kejam memusnahkan paru-paru dunia itu? Pertanyaan itu melekat di benak setiap orang. Jawabannya sangat singkat, karena krisis ekonomi yang membuat orang-orang tidak berpikir panjang tentang generasi berikutnya.

            Saat pembakaran hutan, asap akan menyebar dengan cepatnya bagaikan kilat yang menyambar. Meluas kemana-mana, sampai ke negara tetangga. Seperti tahun lalu, banyak provinsi yang terdeteksi memiliki titik api. Sebagai contoh, Jambi yang telah mengakibatkan asap pembakarannya sampai ke kota Padang. Pulau Sumatera pun diselimuti kabut asap yang sangat tebal. Penyakit ispa menyerang siapa pun yang menghirup asap pembakaran tersebut.

            Maka dari itu, jagalah pohon yang berada di sekitar kita. Jangan biarkan ia musnah, dan paru-paru dunia pun menghilang. Jagalah alam ini, agar tetap lestari, dan keindahannya harus dipertahankan.(Adhifa Azra/MAS KMI Diniyyah Puteri)