DINIYYAH ARABIC CENTRE

WhatsApp Image 2022-01-30 at 11.37.36

Diniyyah Arabic Centre (DAC) adalah sebuah divisi otonom yang berkonsentrasi pada peningkatan praktik dan pemakaian bahasa Arab sebagai bahasa wajib santri dan karyawan di lingkungan Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.

DAC resmi didirikan pada saat Raker Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, 6 Juni 2011. Sebelumnya merupakan salah satu unit divisi otonom bahasa di bawah naungan Diniyyah Languange Centre. DAC dikepalai seorang direktur yang membawahi para instruktur yang terdiri dari Mahasiswi STIT Diniyyah Puteri.

Visi

Menjadi lembaga yang unggul, inovatif, berkualitas dalam menerapkan Bahasa Arab santri, guru dan karyawan Diniyyah Puteri untuk mewujudkan generasi berkarakter Qur’an dan sunnah.

Misi

Merancang dan menjalankan program Bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Arab santri Perguruan Diniyyah Padang Panjang dalam empat kemampuan dasar (maharat), yaitu: maharatul muhadatsah (kemampuan berbicara), maharatul kitabah (kemampuan menulis), maharatus sima’ah (kemampuan mendengar), maharatul qira’ah (kemampuan membaca).

$1A. Melatih guru dan karyawan perguruan agar bisa mempraktikkan bahasa Arab tingkat dasar sebagai modal berkomunikasi dengan santri.

$1B. Membudayakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi Perguruan Diniyyah Puteri.

$1C. Menjadi lembaga referensi terpercaya dalam pengembangan Bahasa Arab di tingkat pesantren dan sekolah menengah.

Program DAC:

$11. Harian.

$1A. Instruktur memberikan kosa kata atau materi pada jam 06:15-07:15 WIB kepada para santri. Materi yang diberikan disesuaikan dengan jenjang pendidikan.

$11) MIS Rahmah El Yunusiyyah

Setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis anak-anak melakukan Arabic Fun. Arabic Fun adalah mempelajari kosa kata sekitar lingkungan sekolah yang dasar atau ringan seperti meja, penghapus, rol, pena, dan lain-lain, Lalu dinyanyikan dengan Bahasa Arab. Sehingga anak-anak senang dan mudah menghafalnya.

$12) MTsSDMP dan SMP

$1a) Mempelajari benda-benda yang berada di lingkungan sekolah seperti meja, kursi, penghapus, lemari. Selanjutnya menerjemahkan kata tempat atau kata benda ke dalam Bahasa Arab.

$1b) Hiwar/percakapan.

$1c) Berbicara dan membuat karangan tentang kegiatan sehari-hari bersama teman-teman sekelas.

$13) MAS KMI

$1a) Mempelajari kaidah Bahasa Arab dalam penyambungan kalimat.

Dalam meningkatkan kualitas peserta didik, DAC memberikan materi kepada santri MTsSDMP, SMP, dan MAS KMI melalui video. Santri menyimak dan mendengarkan.  Jika santri tidak paham akan dibimbing langsung oleh instruktur.

$1B. Evaluasi bahasa setelah sholat Ashar.

Mengumumkan persentase perkembangan Bahasa Arab yang diaplikasikan santri ketika berkomunikasi dalam lingkungan sehari-hari. Baik di sekolah maupun di asrama.

$12. Mingguan.

Santri melaksanakan muhadharoh Kamis pagi di Aula Zainuddin Labay dan Senin setelah sholat Isya di Asrama Diniyyah Puteri.

Kegiatan muhadharoh terdiri dari:

$1a. Pidato

$1b. MC

$1c. Nasyid

$1d. Drama

$13. Bulanan.

DAC melakukan pemantauan kepada asrama yang paling disiplin dalam mengaplikasikan bahasa di kehidupan sehari-hari. Bagi santri dan ummi asrama yang terpilih akan mendapatkan reward dari DAC.

$14. Tahunan.

Nasyath Akbar sekaligus pelantikan instuktur baru DAC di Aula Zainuddin Labay Yunusi. Kegiatan yang dilakukan yaitu pidato, mini drama, nasyid, tebak kata, dan film pendek. Semuanya menggunakan Bahasa Arab.

Selain membimbing santri, DAC juga melakukan pembinaan dan pembimbingan gratis terhadap guru dan karyawan di masing-masing unit Perguruan Diniyyah Puteri.