DINIYYAH ENGLISH CENTER

WhatsApp Image 2022-01-30 at 11.31.20

Diniyyah English Center (DEC) merupakan sebuah divisi otonom di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Awalnya divisi ini bernama Diniyyah Languange Center (DLC) yang terdiri dari dua bahasa yakni Inggris dan Arab. Pada 2008 divisi ini dipecah agar lebih fokus pada bidang yang diampu. DEC terdiri dari tiga bagian yaitu direktur, programmer serta instruktur yang umumnya berasal dari kalangan mahasiswi STIT Diniyyah Puteri.

Visi

Menjadi pusat pendidikan bahasa Inggris modern berlandaskan Al-qur’an dan Hadits yang menghasilkan karya di pentas dunia.

Misi

$11. Membangun dan mengembangkan keunggulan pengetahuan bahasa Inggris bersumberkan kepada Al-qur’an dan sunnah.

$12. Menyiapkan sumber daya manusia dengan bahasa yang berkualitas global dan berakhlak sesuai syari’ah.

$13. Mengembangkan kegiatan berbahasa secara profesional untuk mencapai kemandirian berkarya.

DEC memiliki program-program yang terdiri atas program harian, bulanan, tahunan serta kegiatan penunjang.

$11. Harian: Eng-Breaking yaitu kegiatan listening dalam bahasa Inggris untuk membiasakan santri Program ini dilaksanakan setiap hari yang dimulai dari pukul 06.45-07.45 WIB.

$12. Mingguan: TOEFL Class, Journal, Employee, dan Dorm Visit yang dijalankan secara konsisten tiap minggunya.

$1a. TOEFL Class

Merupakan program TOEFL Class yang lebih dikhususkan untuk Madrasah Aliyah Swasta Kulliyatul Muallimat El Islamiyah (MAS KMI). Khusus untuk program TOEFL diadakan tes rutin dua kali setahun. Sedangkan di tingkat Madrasah Tsanawiyah Diniyyah Menengah Pertama (MTsS DMP) dan SMP, TOEFL Class hanya sebatas pengenalan.

$1b. One Day One Text One Week One Article

Lebih dikenal dengan program Journal. Program pembuatan jurnal bahasa Inggris ini untuk MTs DMP, SMP dan MAS KMI diadakan satu kali seminggu. Kegiatan jurnal ini bertujuan agar para santri terbiasa menulis artikel dalam bahasa Inggris, kosa kata yang dimiliki santri bervariasi serta background knowledge-nya semakin luas. Program ini berdampak positif bagi santri dengan banyaknya ide-ide yang bermunculan pada pembuatan jurnal.

$1c. Dorm Visit ke asrama santri.

Diadakan pada saat English Week pukul 16.15-17.30 WIB. Program ini bertujuan mengajak para santri berbicara bahasa Inggris serta mengevaluasinya.

$1d.  Employee Class,

Merupakan program bahasa Inggris yang diperuntukkan untuk karyawan dan guru di lingkungan Perguruan Diniyyah Puteri yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam satu minggu.

$13. Tahunan

 Tidak terbatas pada program mingguan, DEC juga memiliki program tahunan untuk menunjang misinya.

$1a. Programnya berupa bimbingan presentasi makalah penelitian tiga bahasa santri tingkat akhir MTs DMP, SMP dan MAS KMI dalam bahasa Inggris.

$1b. English Short Course yang diperuntukkan bagi santri yang akan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri atau melaksanakan homestay di luar negri.

Guna menunjang program pengajaran, DEC melahirkan beberapa karya berupa buku yang berjudul English Camp, Let’s Speak Up, Vocabulary Book, It’s Story Time dan Compilation of English Materials for Intensive English Languange Enhancement Program for Third Grade of Junior High School.

Selain program-program andalan, DEC juga mengadakan kompetisi tiap tahunnya yang terdiri dari Writing Competition, Comic Strip, Scrabble, Wall Magazine, dan English Quiz Competition.

Dalam rangka pengabdiannya pada Perguruan Diniyyah Puteri, DEC terus bertekad memberikan yang terbaik dan meningkatkan kualitasnya setiap tahun.