Hai sobat! Semuanya pasti pernah tidur, bukan? Tentu aja dong, bukan manusia namanya kalau gak pernah tidur. Pada tau gak kenapa disini ngebahas tidur? Karena banyak makhluk hidup terutama manusia yang salah tempat ketika tidur. Kalau udah salah, bahaya banget nih, apalagi kita yang udah sekolah, bekerja dll. Tapi kalau bayi sih gak apa-apa.

Nah, sebelum lanjut, semuanya tau kan, apa tidur itu? Yaitu istirahat memejamkan mata, dimana ada saraf yang fungsinya. Sehingga kita memang tidak sadar, tapi kalau orang yang bicara ketika tidur itu lain lagi namanya.

Kita sebagai manusia sangat dianjurkan untuk beristirahat, terutama istirahat yang sangat efektif ialah tidur, lebih kurang sekitar 8 jam waktu tidur yang dibutuhkan dalam sehari. Tidur malam yang paling baik ialah sebelum pukul 23.00 WIB, dan jangan tidur di pagi hari karena pagi itu ialah waktu yang baik untuk beraktifitas. Tidur yang paling baik adalah pada malam dan siang hari, karena bisa merefreshkan otot-otot kita. Jadi, sobat jangan sampai salah tidur ya, karena tidak sedikit anak-anak sekolah yang turun prestasi disebabkan oleh ketiduran karena kurang tidur.

Ketika guru sedang menerangkan banyak anak-anak sekolah terutama di daerah pegunungan dan dataran tinggi yang bersuhu rendah tertidur atau ketiduran. Karena mungkin ada beberapa faktor penyebabnya. Yakninya, kurang tidur, kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi, suhu atau iklim, atau insomnia. Ya, insomnia yaitu ketika malam kita kesulitan untuk tidur, namun pada siang harinya ketika waktu beraktifitas, kita malah sering menguap dan merasakan ngantuk, bahkan sampai tertidur.

Jika itu sudah terjadi pada diri kita, harus segera diobati dan jika kita belum pernah (Alhamdulillah) kita harus mencegahnya. Ingatkan? Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Cara-cara mencegah dan mengobatinya yaitu tidur tepat waktu dan rutin, serta teratur, waktu tidur yang cukup (jangan sampai kurang), mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, dan yang terpenting itu niat kita! Seperti haditsnya “Innamal a’malu bin niat”, segala amal tergantung niat.

So, kesimpulannya, niatkan diri kita untuk menghindari ketiduran, terus jagalah asupan tidur dan makanan yang kita makan, bergizi atau tidak. Jadi sobat sepakat kan menghindari ketiduran? Saat bukan waktu istirahat. Okey..? (Putri Sarza Parilla/MTs DMP Diniyyah Puteri)