Hai sobat semua! Apa kabar keimananmu hari ini? Semoga makin meningkat setiap harinya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pergaulan remaja masa kini. Ada sebuah lagu yang berbunyi “Jamane, jamane, jaman edan...” yang artinya zaman sekarang, zaman “gila”. Kenapa bisa disebut “gila”. Karena zaman sekarang sangat banyak persoalan yang dialami para remaja di Indonesia. Mulai dari pernikahan dini, kawin lari, hamil di luar nikah, aborsi, narkoba dan masih banyak lagi. Seram bukan? Nah, kita sebagai generasi muda seharusnya dapat menjaukan diri dari perbuatan-perbuatan tersebut, karena majunya suatu bangsa, dapat dilihat dari generasi mudanya. Kalau generasi mudanya hancur, maka bangsanya juga akan hancur. Apa kata dunia?

Ada banyak cara untuk menghindari diri dari perbuatan buruk seperti yang telah disebutkan di atas, yang pertama adalah menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti les, bimbel, belajar, berorganisasi dan lain-lain. Yang kedua adalah tidak berpacaran. Karena asal mula dari perbuatan seperti ini hamil di luar nikah, aborsi dan lain sebagainya adalah karena pacaran yang awalnya hanya berpegangan tangan, lalu tiba-tiba menjadi hamil, naudzubillahmindzalik.

Yang ketiga yaitu meningkatkan ibadah. Semakin kita banyak beribadah, Allah SWT juga akan mengingat kita serta melindungi kita. Semoga dengan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan sia-sia itu, kita dapat menjadi generasi muda yang dapat membangun, membina serta mengharumkan bangsa kita, semangat! (Karima Nabila Prakoso/MA KMI Diniyyah Puteri)