“Dan apabila dikatakan kepada mereka,’’ Janganlah berbuat kerusakan di bumi!’’ Mereka menjawab, “Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan. Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari” (Al-Baqarah, 11-12)

Sobat SMS semua, udah tau kan, apa maksud ayat di atas? Ayat itu mengatakan bahwa sesungguhnya yang telah membuat kerusakan pada bumi adalah kita sebagai umat manusia. Misalnya kerusakan hutan hingga menyebabkan banjir. Masih banyak lagi kerusakan yang kita perbuat sendiri seperti bencana longsor yang diakibatkan oleh penebangan liar oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan dirinya sendiri atau golongannya, sehingga tidak ada tanaman yang dapat menopang hutan lagi.

Anehnya, kita selalu berkata dan berkoar-koar untuk melakukan perbaikan pada bumi, tetapi kadang kita hanya dapat mengatakan saja tanpa melakukan apapun sama sekali malah kita merusak tanpa disadari.

Maka dari itu, mari kita sebagai jiwa muda yang akan melakukan perubahan agar dapat menjaga bumi dan mencintainya sepenuh hati. Jika sudah mencintainya, apapun akan kita lakukan agar bumi kita akan terus lestari. Jangan hanya melakukan perubahan tersebut saat bencana datang, tapi hendaklah dijaga dan dicintai jauh-jauh hari sebelumnya. Sudahkan sobat menjaga dan mencintai bumi kita dari sekarang? (Nisaul Afifah/MA KMI Diniyyah Puteri)