Salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kita adalah jalan pagi. Hal ini dapat meningkatkan dan melatih tubuh kita untuk sehat apalagi di suasana pagi hari yang sejuk. Suasana ini sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah,seperti yang telah dilakukan santri Diniyyah Puteri beberapa waktu lalu, dalam rangka menjaga kesehatan.

            Memang, jalan pagi itu begitu melelahkan dan bikin kaki capek. Namun juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Diantaranya yaitu, pertama, sirkulasi darah baik, karena jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap bagian tubuh. Sehingga peredaran darah kita berlangsung dengan baik. Kedua, kekuatan otot dan stamina jalan di pagi hari membantu meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Nah, jadinya kita semua bisa kuat dong!.

Ketiga, jalan pagi adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika kita seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. Sehingga secara tidak langsung kita juga telah melakukan terapi kesehatan. Keempat, jalan pagi bisa meningkatan kualitas kulit, karena banyak orang mengalami masalah kulit seperti jerawat dan lainnya. Kelima, orang yang rajin jalan kaki di pagi hari juga lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Karena setelah capek-capek melakukan aktivitas di siang hari, tubuh juga butuh istirahat yang cukup untuk kembali memulihkan stamina. Keenam, jalan pagi juga dapat memperbaikan metabolisme. Karena ketika tidur, metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Ketujuh, kesehatan mental yang baik. Karena angin pagi yang segar dapat melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Tak sama dengan suasana siang hari. Karena banyak polusi yang tejadi akibat ulah manusia.

Dan yang terakhir, mandi atau berjemur sinar matahari pagi dapat membantu menyerap vitamin D yang berharga untuk tubuh, serta mengurangi risiko kekurangan kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan osteopenia.

Nah, jika kita ingin sehat, banyak-banyak berolahraga, salah satunya dengan jalan pagi ini. Karena tubuh kita juga perlu diberi energy, agar bisa bekerja sempurna dan tidak cepat sakit-sakitan.

(Nesa Maharani/MA KMI Diniyyah Puteri)