“Libur telah tiba… libur telah tiba hatiku gembira.” Masih ingat lagu ini nggak sobat? Ngak terasa ya, bentar lagi kita bakalan liburan. Asyik deh, apalagi buat kamu-kamu yang tinggal di lingkungan asrama, pasti udah mulai mikirin liburan nanti mau ngapain ya? Liburan nanti mau kemana ya?

Sobat, pernah nggak terpikir untuk menjadikan liburan kamu penuh karya dan penuh manfaat. Seperti yang kita tau ya sobat, biasanya liburan selalu identik dengan bermalas-malasan. Kalau nggak makan ya tidur, kalau nggak tidur ya nonton, kalau bosan nonton ya online, trus tidur lagi deh. kalau kayak gitu kan liburan kita yang cukup panjang ini nggak akan ada artinya. Tau nggak, malas-malasan itu bisa membuat otak kita sulit menangkap dengan cepat, ketika kita kembali ke sekolah. Karena jika otak kita terlalu lama break, ia akan agak kesulitan untuk mengolah pelajaran yang tiba-tiba menyerbu si otak, padahal otak kita sudah terbiasa dimanjakan selama berminggu-minggu. Pasti sobat semua nggak mau hal itu terjadi kan?

So, mau menjalani liburan yang lebih berarti? Oke deh, aku bakal ngasih tips-tips menarik untuk menjalani liburan ala leader yang pastinya asyik, seru dan bermanfaat.

Pertama, jadikan liburan berkualitas dengan melakukan sosialisasi bersama teman-teman. Misalnya kamu bisa main ke rumah teman, diskusi, ngobrol, dan membicarakan masalah yang sedang mereka alami. Hal ini selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi, juga untuk menambah informasi tentang orang-orang di sekitarmu.

Kedua, membuat kreatifitas. Liburan panjang ini, jadikan dirimu aktif, seperti menulis cerpen, novel, dan sebagainya yang bisa dijadikan untuk membuang waktu dengan bermanfaat. Hal ini selain bertujuan untuk melatih otak juga menjaga kemampuanmu dalam berfikir secara teratur. Siapa tahu tulisannya bisa dimuat di media massa.

Ketiga, menambah pengalaman baru. Lakukan pengalaman baru dengan jalan-jalan yang berkualitas menuju tempat yang memiliki pengalaman baru dan belum kamu kunjungi. Kamu bisa menambah pengetahuan dan pengalaman luar biasa dengan karib kerabat. Namun perkirakan juga cuacanya. Karena saat ini hujan sering melanda dan sering terjadil hal yang tidak diinginkan.

Keempat, belajar memasak. Mungkin ini cocok untuk siswi yang liburan di rumah. Hal ini sekaligus akan menjadi bekal dalam berumah tangga nanti. Mulai sekarang sudah harus mulai berpikir menuju masa depan dong.

Kelima, aktif di jejaring sosial. Jadikan media jejaring sosial untuk update informasi yang sedang hangat saat ini. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memperoleh informasi yang bermanfaat. Tapi jangan update yang galau-galau ya?

Keenam, menyiapkan perlengkapan sebelum masuk sekolah. Hal ini sangat penting jika kamu akan memasuki semester yang banyak menuntut waktu dan tugas yang banyak. Siapkan alat tulis, buku, dan sebagainya mulai dari sekarang.

Terakhir, menjalankan bisnis. Jadikan liburan ini sebagai peluang untuk berbisnis dengan baik dan benar. Jalani semuanya dengan santai dan menyenangkan.

Nah, gampang kan sobat? Selain bisa mengisi kekosongan, kita juga dapat menuai berjuta manfaat. Siap untuk jadi pribadi yang lebih baik? Siap nggak siap, harus siap.

(Ghania Amalia/MA KMI Diniyyah Puteri)