berkarya

Sobat, kadang bagi kita yang masih dalam masa putih abu-abu ini, waktu terasa sempit banget. Gimana nggak? Pagi sekolah, siang ekskul, sore bimbel, eh malam ada les Matematika. Belum lagi PR yang selalu menunggu dan setia menemani kita setiap malam. Wah rasanya jadi pengen libur terus deh. Ya kan?

            Sobat, sebenarnya masa-masa sekarang ini adalah masa-masa yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya terbaik kita. Lah, gimana caranya buat berkarya? Sedangkan kegiatan kita aja udah menggunung kayak gunung Singgalang. Caranya gampang. Kita harus pandai-pandai memanage waktu. Karena pada dasarnya, selama kita punya kemauan pasti ada jalan. Contohnya aja Bapak Presiden kita, padahal kegiatannya aja udah buanyak banget, namun beliau masih sempat menghasilkan buku-buku berkualitas dan telah menciptakan banyak lagu yang dinyanyikan hampir setiap tahun pada upacara kemerdekaan di Istana Merdeka. Nah? Berarti tidak mustahil kan?

            Sebenarnya, apapun hobi kita, akan dapat menghasilkan karya. Dari hobi paling umum yaitu membaca. Setelah kita membaca sebuah buku atau novel dan sebagainya, kita bisa membuat resensi buku yang tentunya akan berguna bagi orang-orang untuk mengenali isi buku tersebut. Begitu pula dengan menulis, berkebun, bermain musik bahkan memasak dan lainnya. Kita bisa membuat kreasi masakan baru dengan menggabungkan berbagai macam resep yang pernah kita pelajari.

            Semua hobi dan karya tersebut akan mengantarkan kita pada kesuksesan yang sesungguhnya. Coba bayangkan, jika kita ingin menjadi seorang wartawan. Kebiasaan menulis dan tulisan-tulisan kita yang dulu pernah kita hasilkan tentu akan sangat berguna bagi kita untuk melamar pekerjaan tersebut. So, lets make a change in our life! Walaupun sibuk, tapi semangat maju terus. (Ghania Amalia/MA KMI Diniyyah Puteri-Dinteen)