Sumiati, S.Pd Belajar Seumur Hidup

15727135 1277283838961465 2420391870534272845 n

“Menjadi makhluk Allah yang berguna bagi semua orang” adalah cita-cita dari bu Sumiati, seorang guru berprestasi yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. Baginya, hidup akan hampa jika tidak bermanfaat untuk semua orang. Dia juga sangat ingin mensukseskan banyak orang, karena menurutnya, dia sukses apabila dia telah membuat orang lain sukses.

Anak dari pasangan alm. Bapak Zakaria dan alm. Ibu Fatimah ini lahir di Pekanbaru, 18 April 1958. Ia pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Pekanbaru, Sekolah Kepandaian Keputerian Pertama (SKKP) Padang, Sekolah Pendidikan Guru Negeri Pekanbaru dan S1 Biologi di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ahlussunnah Bukittinggi yang ia masuki ketika berumur 40 tahun, hal yang sangat sesuai dengan motonya “Belajar Seumur Hidup”, usia bukanlah alasan untuknya terus belajar.

Guru cerdas yang biasa dipanggil ibu Sum ini aktif diberbagai organisasi dan kegiatan, di antaranya menjadi bendahara koperasi desa, salah seorang anggota organisasi Salimah, mendampingi murid lomba OSN. Selain aktif, bu Sum juga memiliki segudang prestasi, yaitu pernah mengikuti lomba workshop bidang sains se Padang Panjang, melatih murid sehingga bisa meraih juara ke-2 OSN nasional, juara 1 KSM nasional, mendampingi murid yang menjadi peserta nasional di olimpiade Jakarta, juara 2 perlombaan guru berprestasi di bawah naungan Kemenag, pelatih olimpiade Padang Panjang, dan studi banding ke berbagai tempat di Jepang.

Wanita ramah ini sangat gemar membaca. Salah satu buku yang pernah dibacanya ialah buku Manjadda Wajadda, salah satu buku yang mengispirasi dan memberinya semangat. Tidak hanya itu, yang memotivasi dan menginspirasinya ialah pimpinanPerguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, ibu Fauziah Fauzan, S.E.,Akt.,M.Si.

Ibu Sum yang juga mengidolakan sosok teladan manusia di bumi (Muhammad SAW) ini sangat ingin mengelilingi dunia. Ia ingin melihat ciptaan Allah SWT., seperti Singapore, Malaysia, Jepang, dan Saudi Arabia yang pernah ia kunjungi.(Bona Ligusti/Diniyyah News Reporter)