Ketika Guru Diniyyah Puteri Memenangi Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017

GLN

Suasana kemenangan selalu membawa aroma kebahagiaan. Terbayar segala lelah setelah melewati beratnya perjuangan. Hal itu pula yang tengah dirasakan Riki Eka Putra. Buku “Mari Mengenal Jalan” yang ditulis Manajer Publishing Diniyyah Research Center (DRC) Perguruan Diniyyah Puteri ini lolos sebagai salah satu buku terpilih sayembara penulisan bahan bacaan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Sayembara yang diadakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut diikuti sebanyak 727 naskah dari seluruh penjuru Indonesia. Setelah melewati proses penyeleksian yang ketat, hanya 120 naskah yang dipilih oleh dewan juri.

Selama ini Riki Eka Putra memang sering menulis di berbagai koran lokal dan nasional. Baik itu cerpen, puisi, artikel, resensi, pantun, dan sebagainya. Ia yang sehari-hari juga guru menulis di Perguruan Diniyyah Puteri mengatakan bahwa buku “Mari Mengenal Jalan” yang ditulisnya terinspirasi dari kebiasaannya memperhatikan jalan dan benda-benda yang ada di sekitar jalan. Ide tersebut ia tuangkan dalam bentuk buku bacaan untuk siswa setingkat kelas 4, 5, dan 6 SD.

GLN 2

Riki mengatakan bahwa dalam rangka perbaikan buku, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah mengundang penulis buku terpilih mengikuti pertemuan penulis Gerakan Literasi Nasional, 6-8 Juni 2017, di LPMP Jakarta. Pertemuan kedua rencananya akan diadakan bulan September 2017, sekaligus pemberian hadiah.

“Senang sekali bisa lolos dalam sayembara ini. Sebelumnya hati saya selalu berbunga-bunga saat santri Diniyyah Puteri meraih berbagai perlombaan menulis. Apalagi menyaksikan mereka diundang ke berbagai kota yang semua biayanya ditanggung oleh negara. Kini kebahagiaan serupa turut saya rasakan. Namun di balik semua itu saya berharap semoga buku yang saya tulis bermanfaat untuk anak-anak Indonesia. Karena tujuan utama saya menulis adalah untuk berbagi ilmu dengan sesama,” kata Riki saat ditemui sepulang dari Jakarta. (Alfirdausi/Diniyyah News Reporter)  

You are here: Home News and Events Ketika Guru Diniyyah Puteri Memenangi Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017