Milad 1 Abad Diniyyah Puteri Terima Kunjungan Anies Baswedan

sssss

Tepat pada 1 November kemarin Diniyyah Puteri, sekolah khusus muslimah yang didirikan Rahmah El yunusiyah tersebut genap berumur 100 tahun. Menyongsong usia 1 Abad tersebut, Diniyyah Puteri mendapat kunjungan dari Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta.

Anies berkesempatan menghadiri Konferensi Internasional Rahmah El Yunusiyyah Islamic Education and Social Change pada Kamis (02/11/2023) di Aula Zainuddin Labay El Yunusy. Anies disambut oleh ratusan santri dan keluarga besar Diniyyah Puteri serta iringan musik kolaborasi karya grup Rahmah El Yunusiyyah.

Pada acara konferensi tersebut Anies berkesempatan menjadi pembicara Ia menyampaikan kekagumannya pada Perguruan khusus perempuan tersebut, “Banyak Perguruan tertua di Indonesia namun tak banyak perguruan terlama di Indonesia, namun Perguruan Diniyyah Puteri mampu menjadi Perguruan tertua dan terlama di Indonesia, seratus tahun tetap eksis mencetak generasi-generasi hebat dan muslimah” ungkapnya.

Anies turut menegaskan bahwa negeri ini belum cukup membalas dedikasi dan perjuangan Bunda Rahmah dalam bidang pendidikan dan pergerakan perempuan. “Tapi negeri ini belum dan ini akan menjadi komitmen kami, bila Allah takdirkan maka salah satu orang pertama yang harus mendapat gelar pahlawan nasional adalah ibu Rahmah El Yunusiyyah, gelar yang tertunda terlalu lama dan menjadi tanda bahwa pejuang perempuan yang sesungguhnya yang sangat mengubah wajah tidak hanya Indonesia tapi global adalah Rahmah El Yunusiyyah,” katanya.

Anies menambahkan bahwa Diniyyah Puteri dan Rahmah El Yunusiyyah menjadi rujukan mendidik anak perempuan dan menjadi rujukan bagi keluarga dalam mendidik anaknya. Ia turut menambahkan generasi sekarang memiliki tanggung jawab moral yang besar untuk melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa ini seperti Rahmah El Yunusiyyah.

Anies Baswedan pun turut menyampaikan harapannya pada Perguruan yang sudah melalui perjalanan panjang selama 1 Abad ini, “Santri-santri Diniyyah  Puteri saat ini harus menjadi Rasuna Said baru dan menjadi pribadi penting ditempat masing-masing, sudah banyak tokoh-tokoh dan pengusaha besar nasional yang dilahirkan dari Perguruan Diniyyah Puteri ini dan bagi santri tanamkan dalam hati dan bulatkan tekad untuk menjadi alumni yang membanggakan bagi Diniyyah Puteri di masa yang akan datang” ujarnya.

Fauziah Fauzan,SE. Akt,M.Si, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri menjelaskan kehadiran Anies Baswedan sebagai keynote speaker pada hari ini turut dilatarbelakangi oleh hubungan sejarah yang sudah terjalin lama. Ia menyebutkan bahwa Pak Anies dan dirinya sama-sama menerima penghargaan dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Lebih lanjut ia pun menjelaskan bahwa Anies Baswedan merupakan sosok yang pas dan paham dalam pembahasan antara pendidikan perempuan dan perubahan sosial.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini juga mengungkapkan rasa bangganya, “Luar biasa bisa mencapai usia 100 tahun ini kita bangsa Indonesia menjadi inspirasi pendidikan bagi perempuan dan apresiasi yang luar biasa terhadap Ibu Fauziah yang telah mampu merawat perjuangan Diniyyah Puteri hingga mencapai usia 1 Abad”

Pada kesempatan kali ini Anies juga turut memberikan sebuah pertanyaan kepada santri Diniyyah Puteri. Ia bertanya mengenai harapan akan Indonesia kedepan. Anies pun turut bertanya momen berkesan dan tersulit selama menempuh pendidikan di Diniyyah Puteri. Momen menarik terjadi pada saat pengalaman salah seorang santri yang bernama Syakira Ilona Iqvel, akrab disapa Cia, menyebutkan bahwa momen paling berkesan dalam hidupnya selama menempuh pendidikan di diniyyah Puteri ialah menjadi Ketua OSIS. Menurut Anies ia dan Syakira memiliki kesamaan pengalaman yaitu pernah menjadi ketua OSIS dan mengalami suka dukanya. Santri yang telah berani bertanya ini juga diberikan bingkisan berupa jam tangan, sebuah novel dan biografi Anies Baswedan.

Kunjungan ketiganya ke Diniyyah Puteri, Anies bersama istrinya Fery Farhati yang didampingi Fauziah Fauzan berkesempatan mengunjungi pameran Artefak Rasulullah. Anies dan rombongan berkesempatan melihat benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW tersebut. Spesialnya Anies berkesempatan mencium sorban Rasulullah.(TasyaSabila/DiniyyahNewsReporter)

You are here: Home News and Events Milad 1 Abad Diniyyah Puteri Terima Kunjungan Anies Baswedan