Peluncuran Buku Biografi dan Webtoon Rahmah El Yunusiyyah

398681739_64276fef60860675904_4483178851874825384_n.jpg

      Genap berusia 100 tahun, Perguruan Diniyyah Puteri menggelar peluncuran buku biografi dan webtoon Rahmah El Yunusiyyah, Jum’at (03/11/2023) di Aula Zainuddin Labay El Yunusy, Padang Panjang.

    Acara peluncuran buku yang diberi judul “Rahmah El Yunusiyyah Sang Pendidik Bergelar Syaikhah” digelar bersama Gramedia, penerbit buku terbesar di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh Bagus Syumanjaya, Manager Bisnis Development Penerbit Elex Media Komputindo, Jarwati, Kepala Redaksi Quanta Penerbit Islami Elex Media Komputindo,Kepala SDM Diniyyah Puteri, Fauzi Fauzan, Lc,S.Fils,I, Kepala Departemen Pendidikan Diniyyah Puteri, Dr. Laili Ramadhani, MA, guru, dosen, karyawan, mahasiswa dan santri  Diniyyah Puteri Padang Panjang.

     Buku ini mengisahkan tentang sejarah perjuangan Rahmah El Yunusiyyah dalam membangun sekolah khusus puteri pertama di Indonesia, Diniyyah Puteri. Buku ini dikisahkan oleh keluarga, anak didik serta beberapa tokoh nasional seperti Buya Hamka dan Mohammad Natsir.

    Buku ini menjelaskan seluk beluk perjuangan Rahmah dalam membangun dan memperjuangkan pendidikan bagi kaum wanita melalui sekolah yang ia bangun. Melalui buku ini kita juga diajak mengenal sistem pendidikan islami khusus muslimah yang dirancang oleh Rahmah El Yunusiyyah.

     Menariknya, pada perayaan milad 1 abad ini, tidak hanya buku biografi Rahmah yang diluncurkan melainkan juga Webtoon mengenai tokoh perempuan Minangkabau tersebut. Fauzi Fauzan menjelaskan perancangan pembuatan webtoon serial Bunda Rahmah ini penting untuk menyasar anak muda.

    “Peluncuran webtoon ini ditujukan untuk menyasar golongan anak-anak muda, karena buku biografi pasti kebanyakan lebih diminati oleh orang dewasa. Hal ini penting guna membuat para anak muda juga mengenal sejarah tapi melalui media komik digital,” ucapnya.

    Sementara itu, Bagus Syumanjaya menjelaskan inisiatif dari pembuatan webtoon Rahmah El Yunusiyyah.  Rencananya webtoon ini akan berisi kisah fiksi tentang Bunda Rahmah namun sarat akan nilai dan ajaran-ajaran beliau. Webtoon ini akan didistribusikan di Indonesia, Malaysia, Timur Tengah dan Eropa.

     Serial webtoon ini nantinya akan menggambarkan karakter Rahmah kecil serta Rahmah muda yang memuat petualangan Rahmah, kisah persahabatan, serta dorongan kepada wanita untuk mengejar mimpi dan cita-citanya. Menariknya dari karakter Rahmah ialah tidak melepaskan visual dari sosok aslinya yang memakai lilit dan baju kurung basiba khas wanita Minangkabau.

     Jarwati, Kepala Redaksi Quanta, penerbit biografi buku Bunda Rahmah menyampaikan harapannya, “Semoga dengan terbitnya buku Rahmah El Yunusiyyah: Sang Pendidik Bergelar Syaikhah” ini bisa menginspirasi khususnya kaum wanita, santriwati dan generasi muda saat ini agar lebih produktif, lebih berkembang dan maju. Mari kita teladani Bunda Rahmah dari perjuangan dan perilaku keseharian beliau.”

    Lebih lanjut Jarwati pun menyampaikan harapannya pada peluncuran buku dan webtoon agar sosok Rahmah El Yunusiyyah dapat diteladani oleh generasi muda. Tidak hanya generasi muda Sumatera Barat, tapi juga Indonesia bahkan dunia. (Tasya Sabila/Diniyyah News Reporter)    

You are here: Home News and Events Peluncuran Buku Biografi dan Webtoon Rahmah El Yunusiyyah