Tarhib Ramadhan Diniyyah Puteri

18581918 1520313401332211 1086834648621999668 n

Perguruan Diniyyah Puteri Rahmah El-Yunusiyyah mengadakan kegiatan tarhib Ramadhan pada senin, 22 Mei 2017. Acara ini dilaksanakan di gedung pertemuan Zainuddin Labay El-Yunusy yang dimulai pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB. Kegiatan tarhib dihadiri oleh santri MTs DMP (Diniyyah Menengah Pertama) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) REY, KMI (Kuliyyatul Mu’allimat Islamiyyah) REY, mahasiswi STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) REY, beserta seluruh karyawan dan karyawati perguruan Diniyyah Puteri Rahmah El-Yunusiyyah Padangpanjang yang berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Pada kesempatan ini, perguruan Diniyyah Puteri turut mengundang ustadz Syamsul Bahri, SH.I, MA sebagai pemateri tentang seputar Ramadhan dengan moderator bapak Fauzi Fauzan. Acara ini juga dihadiri oleh  Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Ibu Fauziah Fauzan, SE. Akt, M.Si. Kegiatan ini mengangkat tema “Ramadhan sebagai Momentum Mempererat Ukhuwah dan Meningkatkan Spirit Perjuangan Umat.”

Ibu Fauziah Fauzan menyampaikan bahwa tarhib ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menambah ilmu dan bekal untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Harapannya agar seluruh santri, mahasiswi, guru, dosen dan karyawan bisa wisuda dengan baik pada akhir Ramadhan yaitu menjadi orang yang bertaqwa.

Acara dilakukan dengan penyampaian materi oleh ustadz Syamsul Bahri kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan salam-salaman oleh seluruh peserta tarhib Ramadhan.

“Acara ini sangat bagus dalam rangka mempersiapkan diri menyambut ramadhan. Tablig ini menambah ilmu kita dalam beribadah selama Ramadhan. Kadang diantara kita ada yang lupa tentang Fiqih Puasa, makanya perlu diingatkan seperti acara ini. Semoga acara ini tetap berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan lebih diperbanyak lagi kajian-kajian seperti ini,” ungkap Diana, salah satu peserta tarhib.

(Irma Febriyani, Diniyyah News Teen)           

Meriahnya Syukuran Akhir Tahun Dan Pentas Seni RA Rahmah El-Yunusiyyah

18622526 390005034726240 2948666672258720348 n

Padang Panjang-RA Rahmah El-Yunusiyyah (REY) adakan kegiatan syukuran  akhir tahun, khatam khibar dan Pentas Seni (Pensi), Senin (22/05). Kegiatan ini merupakan salah satu program akhir tahun yang dilaksanakan setiap tahunnya. Sebanyak 47 murid RA REY mengikuti khatam khibar dengan tertib yang dibantu oleh guru-guru RA REY. Acara itu dihadiri oleh Pengawas Madrasah kota Padang Panjang Bapak Agus Nasution, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, majelis guru, wali murid dan seluruh murid dari tingkat Baby House, Play Group (PG) dan RA.

“Hari ini adalah hari yang berbahagia bagi kita semua, terutama bagi murid-murid RA dan para orang tua. Selamat dan sukses kepada anak-anak kita. Orang tua patut berbahagia, karena anak-anak kita telah menyelesaikan satu jenjang pendidikan. Tugas kita sebagai orang tua adalah meneruskan pendidikan yang sesuai dengan pendidikan yang mereka dapatkan selama di RA,” jelas bapak Agus Nasution.

            Bapak Agus menambahkan bahwa Kementrian Agama Padang Panjang akan senantiasa berkoordinasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Padang Panjang khususnya.

            “Insyaallah akan ada sekitar 40 anak-anak kita akan melanjutkan ke MI REY, tujuh lainnya akan melanjutkan ke berbagai SD di Padang Panjang. MI REY juga menggunakan metode sentra untuk pembelajaran anak-anak kita,” pungkas Ibu Yanti yang merupakan Kepala RA REY.

ra

Setelah kegiatan khibar, acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan Pentas Seni dari masing-masing kelompok yang ada di Baby House, PG, dan RA. Mereka menampilkan Tari Kelinci, Silat, Tari Piring, Tari Kun Anta, Drama Musikal, Senam Ceria dan lainnya.

            Ibu Yanti Gusvita mengatakan para tamu dan wali murid terhibur dengan penampilan Pensi anak-anak. Anak-anak juga menampilkan bakatnya dengan penuh ceria. Kegiatan ini bukan akhir dari program RA REY. Karena pada bulan Ramadhan RA REY akan mengadakan Ramadhan Ceria. Ibu Yanti berharap Ramadhan Ceria ini bisa terlaksana sesuai rencana.

            Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Ibu Fauziah Fauzan, SE. Akt. M. Si menyampaikan kegiatan ini bisa menjadi salah satu evaluasi terhadap perkembangan anak-anak selama di RA REY.

“Kita terus berupaya untuk memberikan metode terbaik, sehingga mencapai tahapan yang tepat untuk anak-anak kita, “tambah Ibu Fauziah. (Jummiati Oktariana/ Diniyyah News Reporter)

Khatam Al-Qur'an Kelas V dan Syukuran Kelas VI MI REY

FB IMG 1495371629124

Jumat, 19 Mei 2017, Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah  (MI REY) PadangPanjang, melaksanakan perayaan khatam Quran dan wisuda tahfiz juz 30 untuk seluruh siswa kelas V.

            Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di aula Zainudin Labay El-Yunusy Perguruan Diniyyah Puteri. Acara khatam kajiini dihadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kementrian Agama (Kemenag), Pemerintah Daerah, orang tua siswa, dan seluruh siswa MI REY.

            Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberi apresiasi dan motivasi kepada para murid, orang tua, dan masyarakat untuk terus membaca bahkan menghafal Al-Quran. Selain anjuran bagi kita umat muslim, hal ini juga menjaga tradisi mulia Ranah Minang, seperti pepatah “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”.

            Setelah wisuda tahfiz, acara dilanjutkan dengan pawai mengelilingi beberapa daerah di kota Padang Panjang(20/05/2017), mulai dari pukul 08.00 WIB sampai selesai. Pawai ini diikuti oleh seluruh murid MI REY dari kelas I sampai kelas VI, dengan menampilkan pakaian adat Minang Kabau, dan diiringi oleh marching band MI REY.

FB IMG 1495450624254

            Selesai berkeliling, para siswa kembali ke aula Zainudin Labay untuk melanjutkan acara syukuran/perpisahan untuk siswa kelas VI yang telah melewati Ujian Nasional (UN).

            Marlena mengungkapkan rasa bangganya kepada para murid MI REY yang telah berhasil menghapfal Quran juz 30. Ia berharap agar kedepannya para siswa tetap membaca dan menghafal Al-Quran. Selain itu, Marlena juga mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah melewati UN.

            “Saya sangat senang membaca dan mengafal kitab Allah ini. Saya berharap kedepannya saya akan tetap istiqamah dengan apa yang saya lakukan sekarang, dan bisa menambah hafalan Quran saya,”Tutur Malik, salah satu murid yang telah diwisuda.

(Bona Ligusti/Diniyyah News Reporter)

            

Syukuran Kelas IX MTs DMP & SMP Diniyyah Puteri

18485453 1172481929527183 7083517367227532659 n

Di penghujung  akhir tahun ajaran 2016/2017, kelas IX MTs DMP & SMP Diniyyah Puteri melaksanakan acara syukuran yang bertempat di gedung pertemuan Zainuddin Labay El-Yunusy (13/5/17). Acara ini merupakan syukuran wisuda Tahfizh Qur’an minimal 2 juz yang merupakan syarat kelulusan bagi mereka. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah diantara mereka setelah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

18425567 1170073083101401 8961493811356301176 n

 

             Tahun ini, MTs DMP & SMP Diniyyah puteri berhasil me-wisudai sebanyak 131 santri. Dalam sambutannya, ibu Fauziah Fauzan mengatakan bahwa santri yang telah berhasil memenuhi syarat kelulusannya agar dapat menjaga norma-norma yang telah didapatkan selama di Diniyyah Puteri ini.     

            “Semoga dengan acara syukuran ini, ukhuwah diantara sesama santri masih tetap terjaga, walaupun ada yang sudah pindah. Kebersamaan selama hidup di asrama jangan pernah lupakan dan ingat selalu kenangan indah kita, baik suka maupun duka. Saya berharap kedepannya semoga perguruan Diniyyah Puteri terus maju dan sukses”, ungkap Fahraini Adelia, santri kelas IX MTs DMP.

(Irma Febriyani, Diniyyah News Reporter)

You are here: Home News and Events