Santri MTsS DMP Ikuti Workshop Disain Grafis Komik Digital

Workshop

Revolusi di bidang IT saat ini berlangsung cepat dan masif, terutama di kalangan para milenial. Oleh sebab itu Taman Budaya Propinsi Sumatera Barat mengadakan sebuah kegiatan dalam bentuk bengkel kerja (workshop) berbasis IT dengan objek kerja pembuatan disain komik digital.

Kegiatan ini berlangsung hari Selasa-Rabu, 23-24 Maret 2021. Menu utama adalah pembuatan komik digital lalu ditambah dengan disain grafis seperti pembuatan poster dan spanduk.

“Saya sangat senang bisa ikut dalam kegiatan ini. Banyak materi baru yang saya dapatkan, disamping itu juga bisa berkenalan dengan teman-teman dari sekolah lainnya,” ungkap Faizatul Ulya Alkhairani, peserta workshop dari kelas VIII MTsS Diniyyah Puteri.

Faizatunnawa Alisha Fathimatuzzahra, santri kelas VII MTsS DMP Diniyyah Puteri menyampaikan bahwa dia terbantu sekali dengan pelatihan ini, karena dia hobi menulis komik. Para pemateri yang memberikan ilmu pun kaya akan materi dan wawasan di bidang komik digital, yakni Johan Manandin, Anggoro Prasetio, dan Fefri Rusji. (Lelen Sartika Woyla)

Display Proyek Santri dan Peresmian ARFA Cafe

WhatsApp Image 2021-02-24 at 09.51.58

Kamis, (18/2/21), Diniyyah Puteri mengadakan pembukaan display proyek santri MTsS DMP, SMP, dan MAS KMI Diniyyah Puteri. Acara ini dilaksanakan di aula Zainuddin Labay El Yunusiy yang turut dihadiri Wali Kota Padang Panjang, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumbar, Kepala Kemenag Kota Padang Panjang, dan tamu undangan lainnya.

WhatsApp Image 2021-02-24 at 09.56.50

Kegiatan pembukaan ini juga sekaligus peresmian ARFA Cafe, yaitu cafe yang pelayannya adalah dua robot. Robot ini merupakan karya santri yang tergabung dalam tim robotik yang dibimbing guru di Diniyyah Robotik, Ra’an Shalihan, ST dan Syafmawandi Irwan, S.Pd.

Proyek santri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini santri membuat proyek individu dalam berbagai jenis bidang, diantaranya: literasi, sains dan teknologi, media pembelajaran, vidio, quiz/game, produk makanan, kerajinan, seni, dan maket.

“Salah satunya ada yang membuat tulisan berupa buku kumpulan cerpen, buku kumpulan puisi, dan tulisannya lainnya. Buku yang dibuat itu sudah mendapatkan ISBN, agar buku karya santri ini terdaftar dalam perpustakaan nasional, insyaAllah,” ucap Pimpinan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan, SE, Akt, M.Si saat memberikan sambutan.

Setelah kegiatan pembukaan, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri serta tamu undangan melihat display proyek santri serta meresmikan ARFA cafe. (Rahmi Yulianti/Diniyyah News)

MAS KMI Diniyyah Puteri Raih Juara Kompetisi Robotik Nasional

IMG-20210213-WA0004

Tim robotik MAS KMI Diniyyah Puteri  berhasil meraih juara 3 kategori Line Follower Analog Madrasah Robotic Competition (MRC). Tim yang terdiri atas Wirza Khoirunnisa dan Risa Nazifa Kathin dari kelas XI IPA, mendapatkan hadiah berupa sertifikat, uang pembinaan, dan tropi serta medali perunggu.

IMG-20210224-WA0001

Dari tujuh kategori yang dilombakan, MAS KMI Diniyyah Puteri memilih kategori Line Follower Analog dengan menyiapkan 4 tim. Dari empat tim tersebut, satu tim yang dibimbing oleh Leni Asmara, S.Pd. berhasil lolos ke tingkat final yang diadakan di Universitas Asy-Syafi’iyah Bekasi pada tanggal 7-10 Januari 2021.

Madrasah Robotic Competition (MRC), merupakan ajang kompetisi Robotika dan Otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia. Mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementrian Agama Republik Indonesia dengan Universitas Islam As-Syafi’iyah bersama International Robotics Training & Competition (IRTC) dalam menciptakan siswa kreatif, inovatif, dan cinta teknologi. Lomba diadakan 1 Oktober hingga 21 Desember 2020 secara online. Mulai dari pendaftaran, webinar, upload vidio, serta penyisihan 30 dan 9 besar.  MRC memiliki tujuh kategori, diantaranya, Internet of Things, Creative, Under Water, Maze Solving, Amphibious Solar Vehicle, Line Follower Analog, dan Sumo Rc.

IMG-20210224-WA0002

 

Leni Asmara, S.Pd, guru pembimbing dari tim yang juara menyampaikan bahwa ia sangat mengapreasiasi prestasi santri tersebut dan berharap kedepannya terus mengukir prestasi bidang robotik tingkat nasional maupun internasional. (Rahmi Yulianti/Diniyyah News)

PEMBUATAN MAKALAH PROYEK INTEGRASI MAS KMI DINIYYAH PUTERI

Setelah mengikuti proyek integrasi, 10-13 November 2019, santri kelas 12 MAS KMI Diniyyah Puteri mulai melakukan penelitian. Namun, karena masalah pandemi, makalah yang dibuat membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama.

22 Januari 2021, santri kembali mengerjakan makalah dengan menggunakan laptop dan labor IT di sekolah. Pengerjaannya dilakukan selama seminggu dan ditambah dengan pengerjaan slide di power point. Setelah itu, santri melakukan revisi makalah dengan guru. Revisi makalah ini berlangsung berkali-kali. Mulai dari isi dan tata cara penulisannya.

Picture11

Slide yang dikerjakan juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab karena semua santri Diniyyah Puteri dituntut untuk memahami kedua bahasa tersebut. Setelah pengerjaan makalah selama seminggu, akhirnya semua selesai. Selanjutnya akan ada kompre atau biasanya disebut sidang. Bukannya hanya berbahasa Indonesia, melainkan juga menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab. 

Picture21

 

Picture31

“Berharap kedepannya kompre atau sidang akan berjalan lancar. Makalah yang sudah diselesaikan dengan penuh kerja keras bisa dimanfaatkan di masa mendatang dan menguntungkan semua pihak. Semoga semua santri bisa lulus dengan nilai bagus dan memiliki masa depan yang baik,” tutur Salsabila Tiara Farhani, salah satu santri kelas 12. (Afira Azzahra/MAS KMI Diniyyah Puteri)

You are here: Home News and Events