Santri Diniyyah Puteri berlomba menjadi Programmer Robot

29751082 1719440211412490 49660164 n

Melatih tingkat kefokusan dan kreatifitas santri, serta mencari siswa berbakat untuk lomba robot tingkat selanjutnya, merupakan salah satu tujuan dari kegiatan Diniyyah Sanis dan Robot Competition (DSRC),” ucap salah satu panitia saat menyampaikan aturan perlombaan. Kegiatan yang bertempat di Aula Zainuddin Labay El Yunusiy ini dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu, (29-31/3/18).

Kegiatan yang diadakan oleh Diniyyah Sains Centre (DSC) ini dipersembahkan untuk seluruh siswa Diniyyah Puteri dari tingkat Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyyah Diniyyah Menengah Pertama (MTs DMP) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sertaMadrasah Aliyah Swasta Kulliyyatul Mu’allimaat El Islaamiyyah (MAS KMI) Diniyyah Puteri.

29852901 1719440214745823 380795010 n

Kompetisi ini memiliki lima kategori untuk masing-masing tingkat. Pertama, Sentra MI Competition,merupakan kompetisi untuk mengasah konsetrasi dan kreatifitas siswa dalam menyusun pola berbentuk labirin menggunakan Lego Brick. Kedua, Intra MI Competition, kompetisi untuk mengasah kosentasi dan keaktifitasan siswa dalam merakit mobil dengan menggunakan set Lego Education yang dapat bergerak dengan tenaga karet (Rubber Car). Ketiga, MTs DMP/SMP Competition, yaitu kompetisi untuk mengasah konsentrasi dan kreatifitas siswa dalam merakit sebuah robot dengan menggunakan set Lego Mindstorms EV3 yang mampu berjalan dalam labirin. Keempat, MAS KMI Competitiion, sebuah kompetisi ntuk megasah konsentrasi dan kreatifitas siswa dalam membuat robot Line Follower. Line follower adalah sebuah perlombaan robot lego yang dirancang untuk mengikuti garis tertentu. Kelima, Open Category, kategori ini usia peserta tidak dibatasi. Pada kategori ini yang akan dilombakan adalah membuat gambar mascot dengan tema DSRC.

Yudya Azzahri selaku Direktur DSC ikut mengutarakan rasa bangganya dengan mengatakan acara hari pertama berjalan dengan lancar dan peserta begitu antusias. Untuk kedepannya DSC akan coba untuk terjun ke tingkat yang lebih tinggi. Minimal tahun depan sudah mengadakan untuk tingkat Sumbar. Setelah DSRC ini akan dicari bibit unggul yang akan bisa dilatih lagi untuk mengikuti lomba robot tingkat selanjutnya seperti nasional maupan internasional. (Rahmi Yulianti/Diniyyah News Reporter)

You are here: Home News and Events Santri Diniyyah Puteri berlomba menjadi Programmer Robot