Pengamatan Gerhana Bulan Bersama Diniyyah Science Center dan Langitselatan

           Tsary Fadhilah, santri kelas 12 IPA MAS KMI, memejamkan matanya kirinya. Mata kanannya didekatkan dengan lensa teleskop. Aldino Adry Baskoro, ST, komunikator langit selatan memandunya melihat gerhana bulan, Sabtu (28/7), jam 02.30 WIB di lapangan asrama Diniyyah Puteri.

          Dini hari itu langit di atas Kota Padang Panjang begitu cerah. Bulan dan bintang bertaburan di angkasa.

          “Bagaimana? Gerhana bulannya sudah terlihat jelas?” kata Aldino, alumni Jurusan Astronomi ITB, yang memandu santri tersebut.

          “Wah, keren sekali,” kata Tsary Fadhilah kagum, dengan mata kirinya masih mengintip lensa teleskop.

          Di belakang Tsary, ratusan santri membentuk antrian panjang untuk ikut serta melihat fenomena gerhana bulan. Acara tersebut diadakan oleh Diniyyah Science Center bekerja sama dengan langitselatan, sebuah media astronomi yang berpusat di Bandung.

          Bagi santri Diniyyah Puteri, mengamati objek langit menggunakan teleskop ternyata sangat menyenangkan. Afaf Luthfiah Azra, santri kelas 11 STT MAS KMI, menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya yang lain mendapatkan banyak hal baru. Padahal sebelumnya semua itu hanya bisa mereka dapatkan di buku pelajaran.

Tidak hanya mengamati objek langit secara langsung, santri Diniyyah Puteri sebelumnya mendapatkan pemberian materi tentang ilmu astronomi. Materi diberikan di Masjid An-Nur, jam 16.00-18.00 WIB, Jumat (27/7), di Asrama Perguruan Diniyyah Puteri.

Setelah pemberian materi, jam 20.30-22.00 WIB, acara dilanjutkan dengan pengamatan objek langit, seperti Saturnus, Jupiter, Mars. Tak hanya melihat melalui teleskop, Aldino turut menjelaskan kepada santri tentang objek langit yang diamati. Selain itu, lelaki yang berasal dari Bali tersebut juga menjelaskan berbagai rasi bintang yang ada di angkasa.

Aldino mengungkapkan rasa bahagianya bisa diundang ke Diniyyah Puteri. “Terimakasih sudah ‘membuka pintu’ hingga kami bisa masuk membagi ilmu. Semoga ke depannya kita masih bisa bersinergi kembali mempelajari ilmu-ilmu tentang angkasa sebagai wujud meningkatkan keimanan kita kepada Allah Sang Pencipta,” ucapnya.

Yudya Azzahri, S.Pd, panitia acara, mengatakan kegiatan serupa akan dilanjutkan di masa yang akan datang. Diniyyah Science Center akan terus bersama Diniyyah Puteri untuk belajar perkembangan sains di bumi Allah SWT. Beliau berharap semoga semakin banyak yang didapatkan tentang ilmu alam semesta, akan membuat kita menjadi hamba-Nya yang lebih bersyukur. (Riki Eka Putra/Diniyyah News)  

You are here: Home News and Events Pengamatan Gerhana Bulan Bersama Diniyyah Science Center dan Langitselatan