Ekspedisi Santri Kelas XI MAS KMI Diniyyah Puteri

Ekspedisi Santri Kelas XI MAS KMI Diniyyah Puteri

            10-13 November 2019, santri kelas XI MAS KMI Diniyyah Puteri mengikuti program ekspedisi. Program tahunan ini bertujuan di Kota Solok, Sumatera Barat. Kegiatan ini dilakukan sebagai penelitian seluruh santri kelas XI yang hasilnya nanti akan ditampilkan dalam bentuk maket pada pembagian rapor di bulan Desember 2019. Selain itu, hal ini menjadi bahan penelitian pribadi santri untuk dijadikan makalah sebagai syarat kelulusan.

Ekspedisi santri 1

            Acara ini diikuti 96 santri beserta 8 guru pembimbing yang ikut serta. Para santri dilepas oleh Kepala MAS KMI, Ibu Yusmaneli, S.Ag, serta Kepala Departemen Pendidikan Perguruan Diniyyah Puteri, Ibu Hj. Meuthia Nilda, S.Pd.I., Santri berangkat pukul 10.30 WIB dari Perguruan Diniyyah Puteri dan tiba di Kota Solok pukul 12.30 WIB.

            Setiba di Kota Solok, santri menuju penginapan, yakni Rusunawa SKB Kota Solok, untuk ishoma, dan beres-beres. Pada hari pertama itu, santri berkeliling untuk melihat sekitar Kota Solok. Hari selanjutnya, santri mengadakan penelitian kelompok untuk display bulan Desember. Ada beberapa titik yang menjadi tujuan, seperti Pasar Kota Solok, Kantor Kementrian Agama, RSUD Kota Solok, Masjid Agung Al-Muhsinin, Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Taman Kota Syech Kukut, dan lain-lain. Di tempat-tempat tersebut, santri menemukan beberapa masalah, melakukan wawancara dengan orang setempat, menambah wawasan, dan menemukan solusi permasalahan tersebut.

Ekspedisi santri 2

            Hari ketiga, santri melakukan penelitian pribadi. Setelah menentukan ide dan menemukan masalah sebelumnya, santri menuju tempat-tempat yang bersangkutan. Dilakukanlah wawancara kepada beberapa pihak untuk mengumpulkan data. Dari data tersebut, santri akan menulis sebuah makalah yang merupakan kewajiban bagi seluruh santri.

Ekspedisi santri 3

            Hari terakhir, para santri menyelesaikan pengumpulan data hingga waktu Zuhur. Setelah itu, santri melakukan ishoma dan beres-beres persiapan pulang. Pada pukul 17.00 WIB, santri berangkat kembali dan tiba di Diniyyah Puteri pukul 19.00 WIB. (Zikra/MAS KMI Diniyyah Puteri)

You are here: Home News and Events Ekspedisi Santri Kelas XI MAS KMI Diniyyah Puteri