KUNJUNGAN REPORTER DINTEEN KE HARIAN SINGGALANG

 

KUNJUNGAN REPORTER DINTEEN KE HARIAN SINGGALANG

Kunjungan ke Singgalang

Pada tanggal 10 Januari 2020, reporter Diniyyah News Teen beserta guru pembimbing menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat pembuatan Koran Singgalang, koran tertua di Sumatra Barat. Pabrik beserta kantornya terletak di ibukota provinsi, yaitu Kota Padang.

Rombongan tiba di Singgalang pada pukul 16.00 WIB. Di sana 9 orang anggota tim diberi kesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan salah satu redaktur Koran Singgalang, yakni Kak Lenggogeni. Tim dipersilahkan untuk masuk ke salah satu ruangan yang diberi nama Ratan Room. Sebuah ruangan yang memiliki ciri khas kayu rotan di dinding ruangannya.

Kunjungan Ke Singgalang 2

Di dalam ruangan, para anggota diberi kebebasan untuk bertanya kepada si redaktur. “Kak, apa sih tantangan tersendiri menjadi seorang jurnalistik ataupun reporter?” Salah satu pertanyaan diajukan kepadanya. Dengan ramah beliau menjawab pertanyaan yang diberikan. “Seorang jurnalis haruslah berani untuk melakukan wawancara dengan orang lain. Bahkan dengan pelaku tindak kriminal maupun korbannya. Rasa takut memang harus dilawan. Sampai kita mulai terbiasa dengan kondisi tersebut”.

Selain itu, banyak saran dan motivasi lainnya yang diberikan kepada tim dengan penuh antusias. “Seorang reporter haruslah menjadi sosok yang kuat,” ucapnya di sela-sela pembicaraan. Satu jam berselang berdiskusi di ruangan, pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada Kak Lenggogeni.

Kunjungan Singgalang 3

Kemudian, para anggota diajak untuk berkeliling di Singgalang. Mulai dari melihat proses pengeditan koran melalui komputer oleh editor sampai memperlihatkan mesin pencetakan koran. Tim juga melihat proses siaran langsung radio Sushi FM yang merupakan grup Singgalang.

Puas melihat-lihat dan belajar, pukul 17.30 WIB, kunjungan tersebut berakhir. Hal itu ditandai dengan foto bersama di depan kantor Koran Singgalang sebelum tim beranjak pergi kembali ke Diniyyah Puteri Padang Panjang. (Salsabila Tiara Farhani/MAS KMI Diniyyah Puteri)      

You are here: Home News and Events KUNJUNGAN REPORTER DINTEEN KE HARIAN SINGGALANG