Mengenal 5 Fakta Miqdad, Sahabat Nabi Muhammad yang Jarang Terdengar

Miqdad

 

Setiap pelajaran agama ataupun ceramah di Masjid, tentunya sangat sering masyarakat mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru tentang agama Islam. Semisal perkembangannya, cara dakwahnya hingga sejarahnya.

 

Namun, yang kerap terdengar di telinga masyarakat, hanyalah ceramah yang sering dikenal masyarakat juga. Semisal kisah-kisah para nabi, atau kisah para sahabat Rasulullah. Itupun, hanya beberapa tokoh saja, dan masyarakat sudah hampir melupakan Miqdad.

 

1. Golongan Pertama yang Memeluk Islam

 

Miqdad masuk dalam bagian tujuh orang pertama pertama yang menyatakan keislamannya secara terbuka atau terang-terangan. Namun, dari dulu hingga kini, kisah tentang perjalanan Miqdad ini hampir hilang dan tak lagi diceritakan saat ceramah keagamaan.

 

Jika melirik kepada sahabat Rasulullah yang lain, kisah Miqdad ini tak jauh berbeda dengan Bilal bin Rabah. Miqdad adalah seorang pemikir ulang, tapi ia juga harus menerima penderitaan atas siksaan yang diterimanya dari kaum Quraisy.

 

Akibat sering mendapatkan siksaan di keyakinan lamanya, yaitu di kaum Quraisy, Miqdad berpikir lebih dalam dan merenung, lalu memutuskan untuk masuk Islam dan meninggalkan keyakinan lamanya itu.

 

2. Pernah Menjadi Amir (Pemimpin Daerah)

 

Belum lama masuk Islam, Miqdad bahkan langsung diberikan amanah oleh Rasulullah untuk memimpin suatu daerah dan melantiknya menjadi seorang Amir (pemimpin). Namun, tak lama usai menjabat sebagai pemimpin, ternyata Miqdad  tak nyaman dengan posisi itu.

 

Rasulullah sempat bertanya kepada Miqdad, "Bagaimanakah pendapatmu tentang menjadi amir?" Miqdad lalu menjawab dengan jujur, bahwa tidak ingin meneruskan amanah sebagai amir/pemimpin.

 

Miqdad mengambil keputusannya itu, sebab tak ingin memiliki kedudukan di atas orang lain. Sikap dari Miqdad itu justru sangat berbeda dengan masyarakat kebanyakan, ketika orang lain ingin menjadi pemimpin, Miqdad justru menolak itu dan tak menginginkan jabatan.

 

"Anda telah menjadikan diriku berada di atas semua manusia. Demi yang telah mengutus Anda membawa kebenaran, sejak saat ini aku tidak berkeinginan lagi menjadi pemimpin sekalipun untuk dua orang untuk selama-lamanya," ucap Miqdad, dikutip dari buku Kisah Seru 60 Sahabat Rasul karangan Ummu Akbar.

 

3. Pemimpin yang Amanah dan Baik

 

Selama menjadi pemimpin, Miqdad dikenal dengan sosok pemimpin yang baik dan amanah dalam menjabat. Sebab, Rasulullah pernah dua kali mengajak Miqdad untuk menjadi pemimpin sehabis periode pertamanya.

Namun, Miqdad hanyalah menjadi sebentar menjadi seorang pemimpin di suatu daerah, sebab ia merasa tidak pantas dan ingin menjadi manusia yang biasa-biasa saja.

 

Melalui sikap dari Miqdad itu, bisa kita simpulkan betapa rendah hati dan baiknya beliau selama hidupnya. Apalagi saat Rasulullah mempercayai suatu daerah kepada Miqdad, artinya Miqdad adalah sahabat nabi yang patut diperhitungkan.

 

4. Tak Suka Kemewahan

 

Salah satu alasan besar yang membuat Miqdad tak ingin menjadi pemimpin saat ditawari Rasulullah adalah kemewahan dan martabat.

 

Semenjak menempati posisi sebagai pemimpin, Miqdad selalu dikelilingi oleh kemewahan dan sanjungan dari banyak orang.

 

Namun, Miqdad menganggap, hal tersebut adalah suatu yang bisa menjauhkan dirinya dari agama. Akhirnya, Miqdad pun memutuskan untuk tidak lagi menjadi pemimpin, supaya bisa lebih khusyuk dalam beribadah.

 

5. Tokoh Berpengaruh di Perang Badar 

 

Miqdad tampil menjadi tokoh yang berpengaruh pada Perang Badar. Sosok Miqdad kala itu pernah berbicara untuk mengobarkan semangat di tengah ketakutan kaum Muslimin dalam Perang Badar karena kekuatan musuh.

 

Miqdad berkata, "Wahai Rasulullah, teruslah laksanakan apa yang dititahkan Allah, dan kami akan bersama anda, Demi Allah, kami tidak akan berkata seperti apa yang dikatakan Bani Israil kepada Nabi Musa," tegas Miqdad saat Perang Badar kala itu.

 

Kata-kata Miqdad mengalir laksana anak panah yang dilepas dari busurnya, hingga merasuk ke dalam hati kaum Muslimin yang sedang berperang tersebut.

You are here: Home News and Events Mengenal 5 Fakta Miqdad, Sahabat Nabi Muhammad yang Jarang Terdengar