Dikunjungi Ulama Mesir, Perguruan Diniyyah Puteri Bakal Jadi Cabang Universitas Al-Azhar di Indonesia

Dikunjungi_Ulama_Mesir_1.png

Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang mendapat kunjungan dari perwakilan delegasi ulama Universitas Al-Azhar Mesir untuk Indonesia di Kota Padang Panjang, Kamis (15/9/2022).

Kunjungan itu menindaklanjuti kerja sama antara Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dengan Universitas Al-Azhar Mesir.

Kunjungan ke Diniyyah Puteri dilakukan langsung oleh Atase Pendidikan Kedutaan Mesir di Jakarta, Dr. Muhammad Sa'ad dan Kepala Delegasi Ulama Al-Azhar untuk Indonesia, Dr. Fathallah Muhammad Fathallah.

Dikunjungi_Ulama_Mesir_3.png

Pertemuan berlangsung di Aula Zainudiin Labay El Yunusy. Hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan El Muhammady, SE. Akt, M.Si, Kepala Departemen Pendidikan, Dr. Laili Ramadani, guru, karyawan, mahasiswi, dan seluruh santri Diniyyah Puteri.

Kepala Departemen Luar Negeri Perguruan Diniyyah Puteri, Yendri Junaidi, Lc, MA dalam pertemuan menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Perguruan Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar.

"Dengan adanya kerjasama ini diharapkan Diniyyah Puteri bisa menjadi cabang Al-Azhar di Indonesia serta dilakukan penyetaraan ijazah santri Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar. Kerjasama ini diharapkan memudahkan santri yang ingin melanjutkan sekolah ke Al-Azhar," katanya.

Sementara itu, Atase Pendidikan Kedutaan Mesir di Jakarta Dr. Muhammad Sa'ad mengaku merasa senang dengan kunjungannya. Ia juga terkesan dengan pembelajaran Diniyyah Puteri yang sudah difasilitasi media modern.

“Kami siap memfasilitasi dan membantu Diniyyah Puteri untuk melakukan kegiatan bersama seperti dauroh bahasa Arab bersama di Mesir,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Delegasi Ulama Mesir untuk Indonesia Dr. Fathallah Muhammad Fathallah dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh santri harus berterima kasih serta senantiasa mendoakan pendiri Perguruan Diniyyah Puteri.

"Hal itu karena atas jasa Diniyyah Puteri membuat perempuan dapat merasakan pendidikan," katanya.

Dalam pertemuan itu juga menjelaskan pentingnya wanita berpendidikan dalam Islam disertai dengan keutamaan-keutamaan wanita lainnya.

Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan El Muhammady dalam kerjasama ini turut menyampaikan harapannya. Dia ingin ada pengajar langsung dari Universitas Al-Azhar.

Dikunjungi_Ulama_Mesir_2.png

"Kita berharap pembelajaran agama seperti fikih, tafsir dan pembelajaran agama lainnya di Diniyyah Puteri dapat diajarkan langsung oleh para Ulama Al-Azhar," katanya.

Kerjasama ini menurutnya sebagai bentuk penguatan hubungan antara Diniyyah Puteri dengan Al-Azhar, mengingat Bunda Rahmah adalah inspirasi pendirian kampus Al-Azhar khusus perempuan.

Diketahui, dalam pertemuan ini juga diisi dengan kegiatan pidato Bahasa Arab dari santri Diniyyah Puteri, Viola Destriyani, diskusi bersama Dr. Fathallah Muhammad Fathallah, dan ditutup dengan penandatanganan MoU serta penyerahan cendramata dari Pimpinan Diniyyah Puteri kepada Dr. Muhammad Sa'ad dan Dr. Fathallah Muhammad Fathallah. (Tasya Sabila/Diniyyah News)

 

Peringati Hari Kunjungan Perpustakaan, Duta Baca Sumbar Ajak Semua Orang Baca Buku

Duta_Baca_1.png

Duta Baca Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 2022-2025 Fazatil Husainah Fauzi El Muhammady mengajak setiap orang menjadikan membaca buku sebagai salah satu kegiatan dalam hidup.

Hal itu disampaikan Fazatil Husainah saat memberikan motivasi membaca dalam rangka memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan ke-27, Rabu (14/9/2022).

Duta_Baca_2.png

Santri kelas 12 IPS MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang itu hadir dalam rangka memeriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan yang digelar di halaman Gedung Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat, Jalan Diponegoro No. 4, Kota Padang.

Fazatil Husainah mengatakan, membaca sangat penting bagi setiap orang. Banyak bacaan akan membuat seseorang memiliki wawasan yang luas. Selain itu lewat bacaan, seseorang mampu menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ia hadapi dalam hidup.

“Apapun profesinya kita harus tetap membaca. Walaupun sekarang sudah ada teknologi yang canggih, tetap saja buku menjadi sumber ilmu yang utama," ujarnya.

Namun, menurut dia setiap orang harus mampu memilih mana buku yang layak dan tidak layak dibaca, sebab membaca dapat mengubah pola pikir seseorang. Hal ini perlu diingat oleh pembaca.

"Buku yang baik akan membentuk pola pikir kita jadi baik. Begitu pula sebaliknya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat, Novrial, SE, M.A.Ak berharap peringatan hari kunjungan perpustakaan akan menambah minat pengunjung yang datang ke Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat.

Duta_Baca_3.png

"Kedepannya perpustakaan akan menyediakan ruangan baca yang lebih nyaman sehingga pengunjung bisa lebih nyaman membaca dan menggali ilmu pengetahuan," ujarnya.

Dia menambahkan, perpustakaan juga mengadakan berbagai kelas kreatif yang bisa diikuti oleh masyarakat luas. Diantaranya, kelas merajut, bahasa Jepang, menulis, dan sebagainya. (Syifa Khaira Najwa/Diniyyah News)

 

SANTRI MAS KMI JADI MODERATOR WORKSHOP LITERASI

WhatsApp Image 2022-09-01 at 14.23.41

Fazatil Husainah Fauzi El Muhammady, Santri MAS KMI Diniyyah Puteri tampil sebagai moderator pada Workshop Literasi yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat di Hotel Pangeran Beach, Padang (30/8). Acara tersebut dihadiri Gubernur, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bunda Literasi Propinsi, Bunda Literasi Kabupaten dan Kota serta para pegiat literasi di Sumatra Barat.

Pemateri adalah Harneli Bahar, Bunda Literasi Sumatra Barat, Gol A Gong, Duta Baca Indonesia, Mardhiyan Novita MZ, Duta Baca Sumatra Barat periode 2019-2022, dan Yusrizal KW, Ketua Forum Taman Baca (FTBM) Sumatra Barat

Workshop diikuti secara luring dan daring via zoom. Sesi pertama diisi Harneli Bahar, Bunda Literasi Sumatra Barat. Beliau menegaskan bahwa kebiasaan membaca penting ditanamkan sejak dini agar kemampuan literasi anak bisa meningkat.

WhatsApp Image 2022-09-01 at 14.25.27

Pemateri selanjutnya, Gol A Gong. Beliau berpesan, “Sumatra Barat tanah airnya kata, nenek moyangnya sastra. Untuk itu sangat penting ditanamkan bahwasanya literasi dapat meningkatkan kualitas kehidupan.” Gol A Gong juga menjelaskan program-program literasi Indonesia serta kendala-kendala yang dihadapi para pegiat literasi dalam meningkatkan minat baca.

Di sesi kedua, Mardhiyan Novita MZ, membagikan pengalamannya saat bertugas menjadi Duta Baca. Banyak kendala yang dihadapi pegiat di lapangan serta minimnya dukungan masyarakat terhadap Taman Baca. Beliau juga mengharapkan seluruh pihak berkontribusi, berkolaborasi, dan bersemangat untuk meningkatkan minat baca Indonesia, khususnya di Sumatra Barat.

WhatsApp Image 2022-09-01 at 14.26.09

Sementara itu, Yusrizal KW, pemateri penutup pada workshop ini menjelaskan strategi meningkatkan literasi di masyarakat. Salah satunya mengenai literasi di tingkat PAUD yang bisa diwujudkan dengan tas literasi, dimana anak membawa satu buku untuk dibacakan orang tua di rumah.

Ketika diwawancarai, Fazatil Husainah merasa sangat senang bisa jadi moderator di acara ini. Banyak pengalaman yang ia dapatkan dari para pemateri yang sudah lama berkecimpung dalam dunia literasi. (Tasya Sabila/Diniyyah News)

Fazatil Husainah, Santri Diniyyah Puteri terpilih Jadi Duta Baca Provinsi Sumatera Barat periode 2022-2025
WhatsApp Image 2022-08-30 at 16.44.54
Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi mengukuhkan Fazatil Husainah, Santri MAS KMI Diniyyah Puteri sebagai Duta Baca Sumatera Barat periode 2022-2025. Fazatil berhasil menyisihkan ketiga belas peserta lainnya dalam babak final. Kegiatan Pengukuhan Duta Baca ini berlangsung di Hotel Pangeran Beach Padang (30/08). Peserta yang menghadiri kegiatan ini terdiri 75 peserta online melalui zoom dan 75 peserta offline, utusan kabupaten/kota se-Sumatera Barat.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Novrial, SE., M.A.Ak. mengatakan bahwa tujuan dilantiknya Duta Baca ini agar bisa menjadi motivator, inspirator dan role model masyarakat dalam aspek menambah minat membaca dan kegemaran membaca di provinsi Sumatera Barat.
WhatsApp Image 2022-08-30 at 16.42.37
Sementara itu, Fauziah Fauzan, SE., Akt, M.Si, Pimpinan Diniyyah Puteri mengatakan, "Anak kita dari Diniyyah Puteri mewakili Padang Panjang untuk memberikan inspirasi tentang literasi sehingga mampu menginspirasi teman-temannya dan juga seluruh masyarakat kita untuk gemar membaca, dan menulis, mengembangkan kemampuan literasi berikutnya. Mudah-mudahan amanah ini bisa dipegang sebaik sebaiknya dan Aza tetap mempunyai karya-karyanya yang menginspirasi," katanya ketika diwawancarai.
Dr. Dian Fadly Amran selaku Bunda Literasi Padang Panjang mengatakan, "Selamat kepada Aza yang sudah terpilih menjadi Duta Baca Provinsi Sumatera Barat. Semoga Aza bisa meningkatkan literasi di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang Panjang."
Selesai pengukuhan, acara dilanjutkan dengan Workshop Bunda Literasi/Duta Baca Provinsi Sumatera Barat dan Pegiat Literasi. (Syifa Khaira/Diniyyah News- edited by NF)
You are here: Home News and Events